Kamis, 07 April 2016

laporan prakerin PT. Telkom Indonesia (Batang)



BAB I
PENDAHULUAN
A.                     Latar Belakang
Pelaksanaan kegiatan Praktik Kerja Industri (Prakerin) di SMK Ma’arif NU Nusahada Reban adalah bagian dari Pendidikan Sistem Ganda (PSG) sebagai program bersama antara Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan dunia industri yang dilaksanakan di dunia usaha.
Pembelajaran di dunia kerja (Profesi) tersebut merupakan bagian integral dari program diklat secara menyeluruh, karena itu materi yang dipelajari dan kompetensi yang dilatihkan harus jelas kaitannya dengan profil kompetensi tamatan yang telah ditetapkan
Lebih lanjut dalam Undang-Undang Prakerin Dikmendikti (2003) diungkapkan bahwa Praktik Kerja Industri (Prakerin) adalah program wajib yang harus diselenggarakan oleh sekolah khususnya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan pendidikan luar sekolah serta wajib diikuti oleh siswa/warga belajar. Penyelenggaraan Praktik Kerja Industri akan membantu peserta didik untuk memantapkan hasil belajar yang diperoleh di sekolah serta membekali siswa dengan program studi yang dipilihnya.
Guna mendekatkan kesesuaian mutu tamatan yang meliputi kemampuan kerja dan sikap profesional, maka diselenggarakan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) yang memuat aspek/komponen Praktik Kerja Industri (Prakerin), yang meliputi praktik kerja langsung di lini produksi pada dunia usaha/industri. Yaitu, siswa-siswi Prakerin terjun langsung ke lapangan untuk melaksanakan Praktik Kerja Industri dengan bimbingan dari pembimbing lapangan , tentang teknik cara dalam melakukan Praktik Kerja Lapangan.

B.                      Tujuan
Maksud dan tujuan dari Praktik Kerja Industri(Prakerin) SMK Ma’arif NU Nusahada Reban Kabupeten Batang adalah:
a.                        Mengembangkan potensi diri dengan melihat, mendengar, dan mengerjakan sendiri suatu pekerjaan dan menyelesaikannya dan tentunya melatih tanggung jawab atas pekerjaan yang di berikan kepada kita.
b.                       Memiliki motivasi berprestasi tinggi agar diterima di dunia kerja yang penuh persaingan.
c.                        Memperoleh life skill yang sesuai dengan tuntutan dunia usaha/industri.
d.                       Memiliki rasa percaya diri tinggi dalam dunia kerja.
e.                        Menambah wawasan, ilmu pengetahuan, dan teknologi.
f.                        Memiliki kepribadian yang selaras dengan tuntutan masyarakat pada umumnya dan dunia usaha/industri pada khususnya.
Maksud dan tujuan budidaya tanaman teh untuk meningkatkan produksi durian di daerah Jawa Tengah khususnya daerah Kabupaten Batang.


C.                     Hasil yang Diharapkan

1.      Siswa mengerti tentang pekerjaan yang ada di PT. TELKOM INDONESIA (BATANG).
2.      Meningkatkan, memperluas, dan memantapkan ketrampilan dan etos kerja siswa sebagai bekal untuk memasuki lapangan kerja.
3.      Siswa dapat melatih mental bekerja dan rasa percaya diri.
4.      Menumbuhkembangkan sikap profesionalisme siswa sesuai dengan tuntutan lapangan kerja.
5.      Siswa mengerti tentang cara bermasyarakat yang baik dan benar.
6.      Siswa mengerti tentang cara berkomunikasi sesama pekerja dan komunikasi antara atasan kerja dengan baik.
7.      Siswa mengerti tentang cara hidup mandiri.
8.      Memberikan pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai proses dari pendidikan.
9.      Siswa mengerti cara penyusunan laporan yang baik dan benar.
























BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

A.  SEJARAH SINGKAT BERKEMBANGNYA JARINGAN SPEEDY
internet adalah sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan computer-komputer dan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia.


1. Sejarah internet bermula ketika beroperasinya jaringan ARPANET pada tahun 1969. Jaringan ARPANET pertama tersebut hanya menghubungkan empat host komputer dan besar bandwitdh-nya hanya 50kbps. Untuk lebih jelas, berikut ini diuraikan timeline perkembangan internet sejak berdirinya sampi dekade 90-an menurut sejarah DUNIA :
§ 1967 – 1970 Lawrence G. roberts dari machusetts of Technology (MIT) mempre-sentasikan rencanapembangunan ARPANET.
§ 1968, proposal ARPANET dibuat untuk memulai proyek tersebut.
§ 1970 , Host ARPANET mulai menggunakan NPC (Network Control Protocol).
§ 1971-1988 ; Roy Tomlinson dari BNN menciptakan progam E-mail.
§ 1975; steve walker membuat mailling list.
§ 1979 ; Tom Truscott dan Jim Ellis memperkenalkan USENET.
§ 15 Maret 1985 ; Syimbolic.com tercatat sebagai domain pertama.
§ 1988 ; Internet Relay chat (IRC) diciptakan oleh Jarkko Oikrane
§ 1986; National Science Foundation (NSF) Backbone dibentuk.
§ 1996 ; Internet World Expo.
§ 2003 ; doc type xhtml, W3C, CSS, RSS, ATOM, blogs.

Sedangkan sejarah internet di Indonesia berawal dari :
§ 1992 - Berawal dari BPPT - UI - LAPAN. Terbentuk Paguyuban - teknologi packet radio sebagai basis untuk network regional.
§ 1994 - Indointernet sebagai ISP komersial pertama.
§ 1996 - paling tidak 20 ISP komersial & 40 ISP menunggu ijin operasi
§ 2004 - Telah lebih dari 20 ISP, dan koneksinya telah bertambah banyak [ dial up, Lease line, ADSL, Cable, Handphone / GPRS, WI FI dan sebagainya ]

2. jenis koneksi Internet antara lain : Dial-up, Broadband, ADSL

3. Aplikasi-aplikasi dalam internet, diantaranya:
- E-mail (Electronic Mail) adalah layanan pertukaran pesan elektronik via Internet.
- WWW (World Wide Web) atau lazim disebut Web adalah layanan penyajian informasi di Internet. Untuk mengaksesnya, kita memakai program yang disebut web browser, misalnya Internet Explorer, Mozilla Firefox, atau Opera.
- FTP (File Transfer Protocol) adalah layanan pertukaran file di Internet. Teknik pertukaran data file dapat kita lakukan dengan cara menjalankan sebuah program untuk mengakses sebuah server FTP.
- Video streaming yaitu dengan fasilitas ini kita dapat nonton file video, radio online dan sebagainya di komputer
- Akses dan control komputer jarak jauh (remote login) menerusi Telnet
- Berkomunikasi online/langsung seperti sms di handphone hanya di sini bedanya kita dapat bercakap langsung dengan beberapa orang sekaligus dengan menggunakan Internet Relay Chat (IRC) . Chatting adalah berkomunikasi secara langsung via Internet.
- Kelompok yang menggunakan Newsgroup sebagai wadah pemberitaan
- Mengadakan forum elektronik, sebuah forum yang dapat di baca umum dan dapat kita komentari
- Central transaction controller, seperti ATM, credit card dan sebagainya langsung connect ke server perusahaan tersebut dengan bantuan jalur internet
- Dan teknologi yang terbaru adalah VOIP yaitu dapat bertelepon dengan kemana saja dengan bantuan jalur internet [ sehingga telepon pun menjadi lebih murah ]

4. Manfaat internet dalam kehidupan kita adalah:
a. Informasi untuk kehidupan pribadi : Kesehatan, Rekreasi, Hobby, Pengembangan              Pribadi, Rohani, Sosial.
b. Informasi untuk kehidupan profesional/Pekerja : Sains, Teknologi, Perdagangan, Saham. Komoditas, Berita Bisnis, Asosiasi Profesi, Asosiasi Bisnis, Berbagai Forum Komunikasi.

B. SISTEM JARINGAN INTERNET
Pengertian Jaringan Internet. Teknologi berkembang pesat sehingga ada sebuah slogan yang mengatakan "Dunia di Gemgaman Tangan Anda", salah satu teknologi yang sungguh fenomenal adalah Internet, sebuah Jaringan yang begitu kompleks namun sungguh mengagumkan maka kita sebut sebagai jaringan internet. Internet adalah jaringan komputer yang bisa dikategorikan sebagai WAN, menghubungkan berjuta komputer diseluruh dunia, tanpa batas negara, dimana setiap orang yang memiliki komputer dapat bergabung ke dalam jaringan ini hanya dengan melakukan koneksi ke penyedia layanan internet (internet service provider / ISP) seperti Telkom Speedy, atau IndosatNet. Internet dapat diterjemahkan sebagai international networking (jaringan internasional), karena menghubungkan komputer secara internasional, atau sebagai internetworking (jaringan antar jaringan) karena menghubungkan berjuta jaringan diseluruh dunia.

Internet dimulai ketika Departemen Pertahanan Amerika Serikat (Department of Defense USA) membangun sebuah jaringan komputer di tahun 1969, yang diberi nama ARPANET (Advanced Research Project Agency NETwork) dengan tujuan untuk menghubungkan beberapa komputer yang berada dibeberapa universitas melakukan riset militer, terutama untuk membangun jaringan komunikasi komputer yang mampu bertahan terhadap serangan nuklir. Jaringan ini berkembang terus, semakin banyak komputer yang terlibat, dan riset disisi pengembangan perangkat lunak juga berkembang. Pada bulan Mei tahun 1974, Vinton G.Cerf dari Stanford University dan Robert E.Kahn dari Departemen Pertahanan USA, mempublikasi sebuah paper di IEEE Transaction on Communication berjudul “A Protocol for Packet Network Intercommunication”, konsep ini kemudian populer sebagai protokol TCP/IP, ketika ARPANET meng-adopsi protokol menjadi protokol standard untuk ARPANET pada tahun 1983. Pihak universitas terutama University of California at Berkeley kemudian membangun sistem operasi Berkeley Software Distribution Unix) atau BSD UNIX (dikenal dengan nama Free BSD Unix) dan pihak departemen pertahanan membiayai Bolt Baranek dan Newman (BBN) untuk meng-implementasi protokol TCP/IP pada BSD Unix untuk diterapkan pada ARPANET, dengan demikian cikal-bakal internet terbentuk.

Pada penghujung tahun 1983, jaringan ARPANET dibagi dua menjadi DARPANET (Defence ARPANET) dan MILNET (MILitary NETwork). Pada tahun 1985 dibentuklah jaringan NFSNET (National Science Foundation NETwork) untuk menghubungkan supercomputer yang ada diberbagai universitas di Amerika dan disambungkan dengan ARPANET. Jaringan NSFNET dikembangkan terus oleh periset perguruan tinggi. Pada tahun 1988 jaringan backbone internet ini hanya berkapasitas 56 Kbps. Walaupun pada tahun 1990 secara resmi ARPANET ditutup, namun jaringan internet yang telah terbentuk diteruskan oleh pihak universitas di Amerika dan memasukkan jaringan universitas di benua Amerika (Kanada dan Amerika Selatan) serta jaringan di Eropa menjadi bagian dari internet. Pada tahun 1992 jaringan backbone ditingkatkan ke T3 dengan kecepatan 45 Mbps, dan disekitar tahun 1995 ditingkatkan lagi menjadi OC-3 pada kecepatan 155 Mbps. Kini backbone internet berkecepatan tinggi dalam order Gbps.

Topologi internet pada dasarnya adalah mesh-topology, menghubungkan banyak jenis jaringan melalui sistem packet-switching, kalaupun bisa dikatakan yang menjadi pusat-nya adalah beberapa NAP (Network Access Point) yang ada di San Fransisco (Pacific Bell), di Chicago (Ameritech), New Jersey (Sprint), dan Merit Access Exchange (MAE) di San Fransisco (MAE West) dan Washington, D.C (MAE East) yang ditangani oleh MFS Datanet.

Walaupun tidak ada organisasi yang memiliki internet, namun ada banyak organisasi yang memelihara jaringan ini melalui penetapan standarisasi protokol, aturan-aturan, serta metoda akses. Internet Engineering Task Force (IETF) menangani masalah-masalah teknis yang timbul di internet,  seperti masalah pada protokol, arsitektur dan pengoperasian internet. Internet Research Task Force (IRTF) menangani riset teknis, seperti sistem pengalamatan dan rekayasa lainnya. Internet Assigned Numbers Authority (IANA) mengatur pembagian alamat IP (IP#) ke berbagai negara dan organisasi. Internet Society (ISOC) menangani masalah administrasi dan struktur organisasi internet.

Badan usaha komersil kemudian menyediakan layanan akses dengan menyediakan koneksi dari komputer pengguna ke internet, dan badan ini disebut sebagai penyedia akses internet atau ISP. Beberapa ISP terkenal di dunia adalah America On Line (AOL), Australia OnLine, CompuServe, GEnie, dan Prodigy. Di Indonesia ada TelkomNet, IndosatNet, Wasantara Net, InterNux, dan sebagainya. ISP menyediakan koneksi dial-up melalui modem-telepon, koneksi wireless melalui antena WLAN, atau koneksi ADSL melalui telepon. Protokol koneksi yang digunakan adalah SLIP (Serial Line Interface Protocol) atau PPP (Point-to-Point Protocol), dimana koneksi SLIP biasanya lebih lambat dari PPP.
C. KELEBIHAN DAN KEKURANGAN JARINGAN INTERNET
Tentunya dalam dunia Internet terdapat banyak sekali kelebihan dan kekurangan tergantung dari bagaimana kita ingin mengaksesnya..:
Berikut ini adalah 10 kelebihan dan kekurangan dalam Internet :
1. HIBURAN
Teknologi internet dan new media memberikan banyak kemudahan untuk pengguna nya dalam menikmati hiburan , diantaranya adalah situs Game Online. dengan situs ini user bisa bermain game secara universal dengan seluruh pemain lain didunia.
Kelebihan : Bisa menghilangkan kejenuhan pengguna nya dan bisa mengasah kemampuan berstrategi dalam berpikir.

2. MEDIA SOSIAL
Mungkin dibidang ini adalah salah satu teknologi internet yang paling banyak pengguna nya , banyak sekali situs penyedia jejaring sosial seperti : Facebook,Twiter,skype,dan masih banyak lagi. disebut sosial karena dengan teknologi ini anda dapat Bersosialisasi bersama banyak orang yang andal kenal bahkan belum anda kenal dengan hanya berkenalan via dunia maya.
Kelebihan : Memudahkan anda berkomunikasi dengan teman bahkan saudara anda yang jaraknya mungkin jauh dari tempat tinggal anda,juga dapat bertukar pengalaman informasi dsb,dapat membuat anda bisa berteman dengan siapapun diseluruh dunia tanpa batas negara.

3. EDUKASI
Banyak sekali Pendidikan yang didapat via internet , mulai dari wikipedia.com dsb. Internet dapat membuat pengguna nya cerdas jika Pengguna nya menggunakan nya untuk mencari pendidikan yang positif, sebaliknya internet dapat membuat pengguna nya bodoh jika kita negatif dalam mencari pendidikan via internet.

Kelebihan : Menambah wawasan pengguna nya,memudahkan siapapun untuk belajar via dunia maya dengan instan. ringkas padat dan jelas.

4. INFORMASI
Di internet bukan hanya 1 atau 2 penyedia layanan infomasi tetapi sangatlah banyak sekali, mulai dari kompas.com,yahoo.com,viva news dsb. mulai dari informasi gaya hidup,pendidikan,tempat wisata,kesehatan semuanya tersedia di internet

Kelebihan : Membuat pengguna nya cepat menerima informasi terbaru tanpa harus menunggu acara berita ditelevisi dsb, dan juga dapat menambah wawasan dari seluruh dunia,karena sangat banyak sekali situs Informasi dari seluruh Dunia.

5. AKSES 24 JAM
Akses informasi di Internet tidak dibatasi waktu, karena dengan lingkup global, dunia maya yang dihadirkan ‘tidak pernah tidur’.. Responden penelitian yang dilakukan lewat Internet bisa memberikan respon atau jawaban sesuai dengan kondisi dan situasi yang dikehendaki masing-masing individu.

6. KECEPATAN
Bila dibandingkan dengan sumber data tradisional, riset melalui Internet jauh lebih cepat, karena bersifat real-time. Kita tinggal mengkilk berbagal icon, selanjutnya tinggal menunggu hasil (tentunya tergantung pada fasilitas modem dan ISP atau Internet Service Provicer yang dipergunakan) lebih cepat dan lebih murah.

7. KENYAMANAN
Peneliti lewat Internet tidak harus menghadapi berbagai persoalan birokratis, seperti ijin dari berbagai instansi untuk keperluan peilgumpulan data, ‘kerahasiaan’ informasi, dan keharusan untuk datang sendirl keinstansi bersangkutan. Selain itu, berbagai fitur (features) yang dirancang khusus dan user-ftiendly sangat memudahkan peneliti mengakses berbagal situs Internet.

8. KEMUDAHAN AKSES
Menjamurnya bisnis warnet (warung Internet) di Indonesia (khususnya di kota-kota besar) membuat akses terhadap Internet menjadi lebih mudah. Persaingan antarwarnet dalam hal harga, kecepatan akses, dan fasilitas pendukung lainnya membuat para pengguna Internet lebih nyaman dan mudah memanfaatkan Internet untuk keperluan riset maupun tujuan lainnya.

9. INTERAKTIVITAS dan FLEKSIBILITAS
Dalam dunia internet komunikasi dengan pengguna di belahan dunia, dapat anda lakukan tanpa batas ruang dan waktu. Komunikasi yang anda lakukan dapat secara interaktif, misalnya dengan fasilitas chatting. Di samping itu anda dapat mengikuti informasi perkembangan terbaru, misalnya dalam bisnis secara fleksibel dan dapat dikomunikasikan dengan pengguna lain. Di samping keunggulan seperti tersebut di atas, internet juga mempunyai kelemahan. Kelemahan tersebut tergantung dari sudut pandang setiap pengguna dan bersifat relatif.

10. SARANA KOMUNIKASI MURAH
Dibandingkan dengan komunikasi canggih abad ini, internet adalah sarana komunikasi paling murah dengan efektifitas cukup tinggi. Jika Anda harus merogoh ribuan dollar untuk berkomunikasi dengan keluarga di luar negeri via handphone, dengan internet hanya butuh uang receh. Bisa komunikasi suara, teks bahkan video live.

Itulah 10 dari sekian banyak tentang penjelasan Kelebihan dalam dunia Internet.
Tentunya masih banyak lagi kelebihan-kelebihan dari Internet..

Berikut adalah 10 Kekurangan dari Internet.:

1. KETERGANTUNGAN PADA JARINGAN TELEPON dan INTERNET SERVICE      PROVIDER. (ISP)
Fasilitas jaringan telepon dan ISP sangat berpengaruh terhadap biaya pemakaian Internet dan kemungkinan akses secara keseluruhan. Hingga saat ini, biaya penggunaan Internet di Indonesia masih relatif mahal, karena tarif telepon ditentukan berdasarkan pulsa yang digunakan, bukannya atas dasar jumlah panggilan (number of calls). Selain itu, saluran telepon di Indonesia masih relatif lambat, yang pada gilirannya menyebabkan waktu akses menjadi lebib lama dan biaya akses menjadi mahal. Sementara itu, terbatasnya bandwidth sistem transmisi yang disediakan ISP dan banyaknya pelanggan yang mengakses pada waktu bersamaan memperparah akses terhadap Internet.

2. SELEKTIVITAS dan ANONIMITAS
Salah satu persoalan dalam riset lewat Internet adalah sulitnya mengidentifikasi identitas responden. Setiap orang, termasuk yang bukan target respon, bisa mengisi kuesioner secara on-line tanpa bisa dicegah atau dibatasi. Belum lagi -adanya kenyataan bahwa setiap orang bisa memiliki sejumlah alamat e-mail berbeda dan belum tentu menggunakan identitas asli. Semua ini membuat riset secara on-line harus benar-benar selektif dalam menentukan sampling dan cara responden memberikan jawaban.

3. KARAKTERISTIK DEMOGRAFIS PEMAKAI INTERNET
Berbagai penelitian menunjukkan bahwa Internet lebih efektif untuk menjangkau responden yang termasuk kelompok berdaya beli atau berpenghasilan dan berpendidikan relatif tinggi. Dengan demikian Internet kurang efektif bagi penelitian yang kelompok sampeinya adalah masyarakat golongan menengah ke bawah.

4. CLUTTER dan “NEVER-ENDING SEARCH”
Informasi yang tersedia di Internet sangat besar jumlahnya, namun tidak semuanya dibutuhkan. Pencarian tanpa strategi khusus bisa diibaratkan mencari jarum’ * dalam jerami, sehingga sang peneliti ‘terjerumus’ ke dalam belantara informasi tanpa ujung. Ini
sering membuat peneliti pemula di Internet mengalami frustrasi, karena bukannya mendapatkan informasi, tet.api justr’u menghabiskan waktu dan uang untuk pencarian yang tak tentu arah. Selain itu, godaan di Internet relatif amat besar, terutama bagi mereka yang suka menelusuri situs-situs pornografi, yang ujung-ujungnya membuat pencarian informasi menjadi tidak efektif dan lepas kendali.

5. RELIABILITAS dan VALIDITAS SUMBER ACUAN HASIL RISET
Setiap orang bebas membuka homepage sendiri dan menampilkan berbagai informasi di sana. Implikasinya, tidak semua data dan informasi yang didapatkan lewat Internet andal dan valid untuk dijadikan acuan dalam penelitian. Selain itu, sumber informasi di Internet mudah berubah, misainya homepage yang telah berubah atau bahkan sudah tidak ada lagi. Akibatnya, peneliti harus selalu mencermati perubahan tersebut bila mengutip sumber bersangkutan.

6. VIRUS
Salah satu masalah yang juga tak kalah peliknya adalah risiko terkena virus komputer yang mudah menyebar lewat jaringan Internet, baik lewat e-mail maupun file-file yang di-download. virus ini biasanya merusak sistem komputer dan tidak jarang komputer tersebut rusak.

7. TIDAK ADA FILTER YANG TANGGUH
Banyak yang mencoba memfilter informasi di internet, namun kenyataannya hal itu tidak bisa dengan mudah menyingkirkan informasi yang membahayakan atau tidak pantas. Sejauh ini tidak ada filter yang tangguh untuk memfilter internet dari pornografi dan pembajakan.

8. PENGAWASAN HUKUM MASIH LEMAH
SOPA PIPA negara adidaya pun keder di mata kebebasan internet. Kebijakan atas nama perlindungan karya ini tidak mampu membendung pelanggaran hak cipta. Pengawasan hukum pun masih sangat lemah karena belum adanya kesepatakan dan kesepahaman antar pengguna Internet tentang kebebasan.

9. PRIVASI MUDAH DI BOBOL
Masih ingat kasus tabu artis beberapa tahun lalu? Inilah ruang privasi yang terpublikasi tanpa tedeng aling-aling dengan cepat menyebar dan menjalar ke seluruh publik yang ujung-ujungnya merugikan semua pihak.
10. INFORMASI PALSU DI MANA-MANA (HOAX)
Ada milyaran informasi di jagad maya, namun Anda harus bijak memilah informasi tersebut dengan klarifikasi ke situs-situs lain karena bisa saja informasi yang Anda anggap benar tersebut adalah HOAX atau palsu belaka.





















BAB III
PELAKSANAAN

A. Waktu Pelaksanaan
Kegiatan praktik kerja industri dilaksanakan selama dua bulan, mulai tanggal 18 Januari 2016 sampai dengan 23 Maret 2016.
B. Tempat Dan Skala Produksi
1. Tempat Pelaksanaan
Kegiatan prakerin dilaksanakan di PT. TELKOM INDONESIA (BATANG)

2. Keadaan Umum Lokasi Prakerin
   a. Sejarah PT. TELKOM INDONESIA
Perusahaan Telekomunikasi sudah ada sejak masa Hindia Belanda dan yang menyelenggarakan  adalah pihak swasta. Sedangkan perusahaan Telekomunikasi Indonesia (PT. TELKOM) sendiri juga  termasuk bagian dari perusaahaan tersebut yang mempunyai bentuk badan usaha Post-en Telegraaflent  dengan Staats blaad No.52 tahun 1884. Dan sejak tahun 1905 perusahaan Telekomunikasi sudah  berjumlah 38 peusahaan. Namun setelah itu pemerintah Hindia Belanda mengambil alih perusahaan  tersebut yang berdasar kepada Staatsblaad tahun 1906. Dan sejak itu berdirilah Post, Telegraf en  Telefoon Dients (PTT-Dients),dan perusahaan ini ditetapkan sebagai Perusahaan Negara berdasar  Staats blaad No.419 tahun 1927 tentang Indonesia Bedrijven Weet (I.B.W Undang-Undang Perusahaan  Negara).

Perusahaan PTT tesebut bertahan sampai adanya Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perpu) No.19 tahun 1960 oleh Pemerintah Republik Indonesia, tentang adanya persyaratan suatu Perusahaan Negara (PN). Tetapi pada tahun 1961 menurut Peraturan Pemerintah No.240 bahwa Perusahaan Negara dilebur menjadi Perusahaan Negara Pos dan Telekomunikasi yang dimuat dalam pasal 2 I.B. 2
Namun pada tahun 1965 pmemerintah membagi perusahaan Pos dan Telekomunikasi menjadi dua bagian yang berdiri sendiri yaitu Perusahaan Pos dan Giro (PN. Pos dan Giro) serta Perusahaan Negara Telekomunikasi (PN. Telekomunikasi) yang sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah No.30 tahun 1965. Dan perusahaan tersebut berkembang menjadi Perusahaan Umum (Perum). Dalam Peraturan Pemerintah No.36 tahun 1974 dinyatakan bahwa Perum Telekomunikasi sebagai penyelenggara jasa Telekomunikasi untuk umum baik Telekomunikasi dalam negeri maupun luar negeri.
Perusahaan Umum (PERUM) Telekomunikasi merupakan penyelenggara jasa telekomunikasi untuk umum, baik hubungan telekomunikasi dalam negeri maupun luar negeri. Tentang hubungan telekomunikasi luar negeri saat itu juga diselenggarakan oleh PT. Indonesia Satelite Corporation (INDOSAT), yang masih berstatus perusahaan asing yakni dari American Cable and Radio Corp yaitu suatu perusahaan yang didirikan berdasarkan peraturan negara bagian Delaware, USA.
Seluruh saham PT Indosat dengan modal asing ini pada tahun 1980 dibeli oleh Indonesia dari American Cable and radio Corp. Pemerintah mengeluarkan Peraturan Pemerintah No. 22 tahun 1274 berdasarkan PP No. 53 tahun 1980, Perumtel ditetapkan sebagai badan usaha yang berwenang menyelenggarakan telekomunikasi untuk umum dalam negeri dan Indosat ditetapkan sebagai badan usaha penyelenggara telekomunikasi urnurn untuk internasional. 3
Memasuki Repelita V, pemerintah merasakan perlu percepatan pembangunan telekomunikasi sebagai infrastruktur yang diharapkan dapat memacu pembangunan sektor lainnya. Berdasarkan PP No. 15 tahUH 1991, maka Perum dialihkan menjadi Perusahaan Perseroan (persero). Mengantisipasi era globalisasi, seperti diterapkannya perdagangari bebas baik internasional maupun regional, maka PT Telkom pada tahun 1995 melaksanakan 3 program besar. Program-program tersebut adalah restrukturisasi internal, penerapan KSO dan persiapan Go Public Internasional (International Public Offering).
Kronologi sejarah PT Telkom dijelaskan sebagai berikut :
1.      1882 sebuah badan usaha swasta penyedia layanan pos dan telegrap dibentuk pada masa pemerintahan kolonial Belanda.
2.   1906 Pemerintah Kolonial Belanda membentuk sebuah jawatan yang mengatur layanan pos dan telekomunikasi yang diberi nama Jawatan Pos, Telegrap dan (Post, Telegraph en Telephone Dienst/PTT).
3.     1945 Proklamasi kemerdekaan Indonesia sebagai negara merdeka dan berdaulat, lepas dari pemerintahan Jepang.
4.     1961 Status jawatan diubah menjadi Perusahaan Negara Pos dan Telekomunikasi (PN Postel).
5.        1965 PN Postel dipecah menjadi Perusahaan Negara Pos dan Giro (PN Pos dan Giro), dan Perusahaan Negara Telekomunikasi (PN Telekomunikasi).
6.       1974 PN Telekomunikasi disesuaikan menjadi Perusahaan Umum Telekomunikasi (Perumtel) yang menyelenggarakan jasa telekomunikasi nasional maupun internasional.
7.  1980 PT Indonesian Satellite Corporation (Indosat) didirikan untuk menyelenggarakan jasa telekomunikasi internasional, terpisah dari Perumtel.
8.       1989 Undang-undang No. 3 tahun 1989 tentang Telekomunikasi, tentang peran serta swasta dalam penyelenggaraan Telekomunikasi.
9. 1991 Perumtel berubah bentuk menjadi Perusahaan Perseroan (Persero) Telekomunikasi Indonesia berdasarkan PP no. 25 tahun 1991.
10.    1995 Penawaran Umum perdana saham TELKOM (Initial Public Offering) dilakukan pada tanggal 14 November 1995. sejak itu saham TELKOM tercatat dan diperdagangkan di Bursa Efek Jakarta (BEJ), Bursa Efek Surabaya (BES), New York Stock Exchange (NYSE) dan London Stock Exchange (LSE). Saham TELKOM juga diperdagangkan tanpa pencatatan (Public Offering Without Listing) di Tokyo Stock Exchange.
11.    1996 Kerja sama Operasi (KSO) mulai diimplementasikan pada 1 Januari 1996 di wilayah Divisi Regional I Sumatra dengan mitra PT Pramindo Ikat Nusantara (Pramindo); Divisi Regional III Jawa Barat dan Banten-dengan mitra PT Aria West International (AriaWest); Divisi Regional IV Jawa Tengah dan DI Yogyakarta - dengan mitra PT Mitra Global Telekomunikasi Indonesia (MGTI); Divisi Regional VI Kalimantan dengan mitra PT Dayamitra Telekomunikasi (Dayamitra); dan Divisi Regional VII Kawasan Timur Indonesia-dengan mitra PT Bukaka Singtel.
12.    1999 Undang-undang nomor 36/ 1999, tentang penghapusan monopoli penyelenggaraan telekomunikasi.
13.    2001 KOM membeli 35% saham Telkomsel dari PT Indosat sebagai bagian dari implementasi restrukturisasi industri jasa telekomunikasi di Indonesia, yang ditandai dengan penghapusan kepemilikan bersama dan kepemilikan silang antara TELKOM dengan Indosat. Dengan transaksi ini, TELKOM menguasai 72,72% saham Telkomsel. TELKOM membeli 90,32% saham Dayamitra dan mengkonsolidasikan laporan keuangan Dayamitra ke dalam laporan keuangan TELKOM.
14.    2002 TELKOM membeli seluruh saham Pramindo melalui 3 tahap, yaitu 30% saham pada saat ditandatanganinya perjanjian jual-beli pada tanggal 15 Agustus 2002, 15% pada tanggal 30 September 2003 dan sisa 55% saham pada tanggal 31 Desember 2004. TELKOM menjual 12,72% saham Telkomsel kepada Singapore Telecom, dan dengan demikian TELKOM memiliki 65% saham Telkomsel. Sejak Agustus 2002 terjadi duopoli penyelenggaraan telekomunikasi lokal.
15.    Sejak 1 Juli 1995 PT. Telkom telah menghapus struktur wilayah usaha telekomunikasi (WTTEL) dan secara de facto meresmikan dimulainya era Divisi Network. Badan Usaha utama dikelola oleh 7 divisi regional dan 1 divisi network. Divisi regional menyelenggarakan jasa telekomunikasi di wilayah masing masing dan divisi network menyelenggarakan jasa telekomunikasi jarak jauh luar negeri melalui pengoperasian jaringan transmisi jalur utama nasional. Daerah regional.

PT. Telkom mencakup wilayah-wilayah yang dibagi sebagai berikut :
1.      Divisi Regional I, Sumatera.
2.      Divisi Regional II, Jakarta dan sekitarnya.
3.      Divisi Regional II, Jakarta dan sekitarnya.
4.      Divisi Regional III, Jawa Barat.
5.      Divisi Regional IV, Jawa Tengah dan Yogyakarta.
6.      Divisi Regional V, Jawa Timur.
7.      Divisi Regional VI, Kalimantan.
8.      Divisi Regional VII, Kawasan timur Indonesia (Sulawesi, Bali, Nusa.
9.      Tenggara, Maluku dan Papua).

Masing-masing divisi dikelola oleh suatu tim manajemen yang terpisah berdasarkan prinsip desentraiisasi serta bertindak sebagai pusat investasi (Divisi Regional) dan pusat keuntungan (Divisi Network), serta divisi lainnya yang mempunyai keuntungan internal secara terpisah. Divisi-divisi pendukung terdiri dari divisi pelatihan, divisi properti, divisi sistem informasi. Berdasarkan organisasi divisional ini, maka kantor pusat diubah menjadi pusat biaya. Berlakunya kebijaksanaan dekonsentrasi menjadikan jumlah SDM menjadi lebih sedikit.

 c. Profil PT. TELKOM INDONESIA (BATANG)
Kantor Telkom di Batang – kab. Batang ( bahasa jawa : Hanacaraka ) adalah kabupaten di provinsi jawa tengah. Ibu kotanya adalah Batang. Kabupaten ini berbatasan dengan laut jawa di utara, kantor plaza telkom di Batang memiliki tempat yang strategis tepat di pinggir jalan depan hotel Sendang Sari Batang, di Jl. JENDRAL SUDIRMAN NO.70 Batang. Kantor ini memiliki dua cabang yang terletak di Jl.RAYA BANDAR SEDAYU NO.127 BATANG dan Jl. RAYA SUBAH – BATANG. Mekanisme kerja yaitu setiap satu minggu enam kali masuk bagi karyawan kantor, khusus anak PKL hanya lima kali masuk dalam satu minggunya dengan jam kerja dari jam 08.00 – 16.00 WIB.
 Setiap pekerja lapangan harus menyelesaikan order minimal 5 gangguan. Kantor juga memilki 1 gedung khusus marketing dan 1 gendung bagian belakang khusus pekerja lapangan. Di bagian belakang terdapat 1 musolla, 1 ruang istirahat, 1 kamar mandi, 1 ruang MDF, 1 ruang serba guna, dan halaman serta tempat parkir yang memadahi.
Mereka selalu menerapkan kebiasaan untuk sholat berjamaah bersama, mereka pun memiliki kebiasaanmengadakan acara selamatan apabila ada salah satu karyawan yang pensiun maupun pindah tempat bekerja sebagai perpisahan.

 C. Sistem Pelaksanaan
Metode yang dilakukan untuk mendapatkan informasi yang dilakukan dalam Praktik   Kerja Industri ini terdiri dari kegiatan langsung (praktik lapangan, observasi, wawancara) dan tidak langsung (studi kepustakaan). Metode diambil dari pertimbangan efektivitas pelaksanaan praktik kerja industri, sehingga tujuan yang telah ditentukan dapat tercapai. Metode metode yang dilakukan antara lain:
      1.Praktik langsung
Yaitu dengan ikut serta dalam kegiatan yang dilaksanakan di PT. Telkom Batang.
    2.Observasi
Yaitu tehnik pengambilan data dan informasi yang dilakukan dengan cara melakukan pengamatan dan perncatatan terhadap objek yang diamati.
     3.Wawancara
Yaitu teknik pengambilan data dan informasi dengan cara bertanya langsung kepada pengelola atau pekerja.
     4. Studi perpustakaan
Yaitu dilakukan dengan membaca pustaka atau literatur yang terkait dengan kegiatan yang dilakukan

 D. Prosedur
1.      Mengecek pembagian sentral rumah yang mengalami gangguan
2.      Mengecek data pelanggan telepon dan speedy
3.      Mengecek status speedy dan telepon
4.      Memperbaiki jaringan yang mengalami gangguan
5.      Memeriksa jaringan di sentral ctr
6.      Menjumper speedy di mdf



































BAB IV
PEMBAHASAN
A. Pengertian Telepon
Telepon merupakan alat komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan suara (terutama pesan yang berbentuk percakapan). Kebanyakan telepon beroperasi dengan menggunakan transmisi sinyal listrik dalam jaringan telepon sehingga memungkinkan pengguna telepon untuk berkomunikasi dengan pengguna lainnya.
           
Ø  Gangguan dan Perbaikan Jaringan telepon

Penyebab gangguan telepon antara lain:
1.Masalah Pada Roset
Seperti yang saya jelaskan pada gangguan speedy sebelumnya roset merupakan alatpertama di indor yang menggantikan atau mengubah dari jaringan outdor (kabel DW) ke jaringan indor (kabel UTP). Jadi ini adalah alat paling penting untuk mengecek gangguantelepon. Dalam Roset kadang ada kabel yang kurang nancap atau pin roset kurang rusak.
2.Masalah Pada Kabel Indor
Kabel Indor dalam jaringan telepon jarang sekali mengalami kerusakan karenamemang jarang sekali di pakai dalam jarak jauh (kecuali pabrik). Namun tidak menutupkemungkinan untuk mengalami kerusakan sehingga selalu dicek dulu. Kerusakan pada kabelUTP disebabkan karena sering terinjak (apabila penempatannya kurang bagus) atau kabelUTP yang sudah termakan usia dan konektor RJ11-nya pinnya sudah berkarat
3.Masalah Pada kabel Outdor
Masalah Pada Kabel Outdor (kabel DW) sering sekali mengalami kerusakan padamasalah gangguan telepon. Kerusakan kabel DW biasanya dikarenakan benang dari layang-layang yang membuat kabel korosi, atau ada sambungan yang sudah tidak layak lagi atausudah termakan usia. Kadang ada juga yang terkena kendaraan bermotor misalnya truk ataubis yang membuat kabel DW putus.
4.Masalah Pada DP (Distribution Point)
Masalah pada DP biasanya disebabkan oleh pin atau port yang sudah rusak di DP,penyababnya bisa kabel DW terkena petir atau kabel pin-nya sudah terlalu tua hinggaberkarat. Karena kadang ada teknisi yang lupa menutup DP dengan penutupnya sehinggakadang membuat DP berkarat
5.Masalah Pada Kabinet
Ini Merupakan masalah yang paling pokok sebenarnya pada gangguan teleponkarena apabila jaringan atau sambungan di kabinet belum bisa jelas jaringan telepon tidakakan bisa dipakai. Kerusakan pada kabinet biasanaya dikarenakan penjumperan yang kurangtepat atau kabel jumper yang sudah lepas atau sudah termakan usia.
6.Masalah Pada Pesawat Telepon
Terkadang setelah semnua dicek baik jaringan indor maupun jaringan outdor sudahoke. Ada saja masalah yang terjadi yaitu pesawat telepon yang sudah rusak atau sudah tidakbisa digunakan lagi. Ini bisa ditemui setelah Roset hingga bagian ujung conektor RJ11 sudahdicek menggunakan headset sudah oke dan suara sudah jernih.

Berikut adalah langkah-langkah dalam menangani gangguan telepon tersebut:
1.Cek Pada RK (Rumah Kabinet)
Setelah mendapat list atau laporang gangguan para teknisi gangguan teleponlangsung melihat DATEK atau data teknisi. Disitu ada dimana letak port primer dansekunder yang dilalui oleh nomer telepon yang mengalami gangguan tersebut.Setalah itu langsung dicek port sekundernya langsung apabila ada nada berarti sudahoke dan siap dilanjut ke pengecekan pada DP. Apabila belum ada nada coba cek padaport primer. Apabila port primer ada nada berarti kabel jumper dari primer kesekunder ada yang rusak atau cacat.
2.Cek Pada DP (Distribution Point)
Setelah Pengecekan pada RK beres kini dilanjutkkan ke pengecekan DP.Dalam DATEK juga ada dimana letak DP yang dilalui nomertlepon tersebut besertaklemnya/portnya. Apabila sudah ada nada di DP berarti kita bisa melanjutkan kepengecekan ke rumah pelanggan. Apabila belum bisa itu berarti ada KU (kabel udarayang putus atau rusak. Untuk pembenahan KU saya masih belum bisa mengetahuibagaimana caranya yang jelas itu adalah tugas kelompok bagian maintenance.
3.Cek Pada Kabel DW
Sebenarnya dalam pengecekan kabel DW itu menunggu pengecekan Rosetdalam rumah karena kalau apabila Roset dirumah sudah ada nada itu berarti tidakada masalah pada kabel DW. Karena para teknisi sendiri akan terlalu banyakmenguras tenaga apabila langsung mengecek kabel DW atau lebih disebut mengurutkabel DW. Dalam pengurutan kabel DW yang paling diperhatikan pertama adalahapakah ada sambungan dalam kabel DW tersebut. Kalau ada coba potong padabagian tersebut dan coba test pada bagian tersebut apakah ada nada atau tidak.Apabila masih tidak ada baru dilakukan proses pengecekan kabel sedikit demi sedikityang menguras tenaga yang berlebihan. Kadang ada teknisi yang lasung menggantikabel DW yang cacat tersebut tanpa mengurutnya.
4.Cek Roset
Untuk pengecekan roset yang pertama dilakukan adalah melepas penutuproset. Setelah itu coba cek apakah ada nadanya atau tidak. Kalau tidak ada coba dipotong kabel DW yang mau ke Roset tersebut dan coba dicek tanpa masuk rosetapakah ada nada atau tidak. Kalau masih tidak ada berarti kita harus membenahi kabel DW yang ada diluar tadi. 
5.Cek Pesawat Telepon
Setelah semua kita cek oke semua mulai dari kabinet hingga roset ok teleponmsaih belum bisa mengeluarkan nada berarti bisa dipastikan pesawat teleponnyayang rusak. Untuk meyakinkan pelanggan bisanya kita bisa melihatkan ataumendengarkan nadanya mengguanakan headset kita



Ø  Perawatan Telepon
Agar telepon rumah tahan lama, lakukanlah perawatan. Kelihatannya memang sepele, tetapi justru hal kecil inilah yang kerap terlupakan dan membuat telepon rumah cepat rusak.

1. Jangan menggunakan telepon pada saat tangan basah.
2. Perhatikan gagang telepon ketika selesai menggunakannya. Letak gagang yang salah akan  mempersulit orang lain menelepon ke rumah Anda.
3. Setelah menggunakan telepon, letakkan gagang secara terlahan. Jangan dibanting!
4. Bersihkan tombol-tombol telepon dengan tisu setiap hari agar terhindar dari debu.
5. Gunakan alas yang terbuat dari bahan kain lembut.
6. Letakkanlah telepon di tempat yang aman dari jangkauan anak-anak dan tidak mudah jatuh.
7. Perhatikan kabel telepon. Jangan sampai melintas di rumah sebab akan membuat anggota keluarga tersandung. Selain itu, kabel akan cepat putus.

B. Internet Speedy
Speedy adalah salah satu produk PT TELKOM yang merupakan layananan
akses internet broadband kecepatan tinggi berbasis akses kabel tembaga yang
menggunakan teknologi Asymmetric Digital Subscriber Line (ADSL). Layanan
ini memberikan jaminan kecepatan sesuai dengan paket layanan yang digunakan
pelanggan dengan pilihan kecepatan akses mulai dari 384 kbps hingga 3 Mbps per
line.
Kecepatan downstream yang ditawarkan oleh Speedy saat digunakan
untuk akses internet lebih besar daripada upstream, hal ini dikarenakan Speedy
merupakan paket internet ADSL sehingga sangat sesuai untuk keperluan browsing
yang cenderung lebih banyak melakukan aktivitas downstream. Selain itu, dengan
layanan Speedy kita dapat menikmati internet kecepatan tinggi dan tetap bisa
menggunakan saluran telepon rumah tanpa terganggu. Hal ini dikarenakan adanya
perangkat splitter yang bisa memisahkan antara data dan gelombang suara selama
24 jam.
Speedy memiliki paket layanan yang dibedakan berdasarkan ukuran
downstream dan upstreamnya sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan
pengguna.
Ø  Gangguan dan Perbaikan Jaringan Speedy

Beberapa jenis gangguan dan solusi yang sering muncul jika koneksi internet gagal adalah sebagai berikut :
1. Error 691
Penyebab:
·         Acces denied username and password invalid atau user name danpassword salah. Username : No.speedy@telkom.net, Password : xxxxx
·         Posisi Speedy Isolir
Solusi:
·         Pastikan username dan password benarNo.speedy@telkom.netPassword : xxxxx
·         Lunasi Tunggakan speedy
2. Error 769
Penyebab :
·         Network disable
Solusi
·         Aktifkan Local Area Connection yang ada di control panel =>Network Connection
3. Error 678
Penyebab :
·         ADSL mati
·         Cek kabel LAN atau USB
·         Spyware atau firewall blok koneksi
Solusi :
·         Cek jaringan atau koneksi sudah tersambung atau belum
·         Install driver USB
·         Buka Permission levelnya
4. Error 718
Eror ini muncul karena request untuk konek dari komputer tidak direspon olehserver Telkom. Kemungkinan ada gangguan jaringan atau server sedang sibuk.Solusinya, coba terus untuk koneksi dan biasanya akan berhasil.Eror ini juga bisa muncul karena account internet telah expired atau usernameatau password yg digunakan sudah tidak valid.
5. Koneksi Putus
Penyebab :
·         Kualitas jaringan telpon menurun, suara telpon tidak jelas atau ada dengung.
Solusi :
·         Cek perkabelan rumah (dari KTB sampai ke modem).
·         Jika masih coba laporkan ke kantor telkom terdekat.

Ø  Cara Pemasangan Modem
Untuk memasang modem eksternal cenderung lebih mudah. Kalian tidak harus repot-repot membuka casing komputer. Yang dibutuhkan hanya obeng minus dan kabel modem. Pada saat membeli modem mungkin tidak termasuk kabel modem di dalamnya jadi kita harus mempersiapkan sendiri kabel modem yang sesuai dengan jenis COM Port yang ada di komputer.
  1. Matikan komputer kalian. Pasangkan kabel modem tersebut ke modem dan kepala satunya lagi ke COM Port yang umumnya terletak di belakang komputer dan pastikan bahwa kabel tersebut telah terpasang dengan baik dan kencangkan bautnya yang terletak di samping-samping konektor kabel modem tersebut dengan obeng.
  2. Lalu sambungkan modem ke sambungan telepon kalian dengan menggunakan kabel telepon yang telah dipasangkan RJ-11 ke konektor yang bertuliskan “line” yang tertera di modem. Jika ingin menggunakan telepon juga maka sambungkan pula konektor pada modem yang bertuliskan “phone” ke telepon kalian dengan menggunakan kabel telepon yang sejenis.
  3. Setelah itu jangan lupa pasangkan konektor adaptor ke modem, lalu sambungkan adaptor ke steker listrik.
  4. Sekarang nyalakan komputer dan modem kalian, apabila lampu modem berkerja/berkedip maka kita siap untuk menginstall softwarenya. Jika tidak bekerja, coba periksa kembali semua sambungan. Jika telah terpasang dengan baik, kemungkinan terjadi kerusakan pada modem atau kabelnya.
  5. Install software untuk modem, ikuti perintah yang ada di layar monitor, pilih COM Port tempat terpasangnya modem (COM 1, COM 2, dsb). Apabila modem tersebut memiliki features plug-and-play, maka pada saat
    instalasi Window 9x akan langsung dapat mengenali konfigurasinya.

Ø  Kecepatan jaringan Speedy
Speedy menyediakan kecepatan berdasarkan paket berlanggganan mulai dari 1 mbps hingga 100 mbps (sedang direncanakan untuk paket berlangganan hingga 10 gbps). Kecepatan rata-rata tersebut berubah-ubah dan berbeda-beda tergantung kondisi jaringan yang disesuaikan kondisi dan situasi setempat (terjadi pada Speedy ADSL), dan teknologi jaringan.
Ø  Keunggulan dan Kelemahan Jaringan Speedy
Keunggulan
ü  Pelanggan dapat terhubung ke Internet, dan tetap dapat menggunakan telepon untuk menerima atau menelepon. Jika akses menelepon diaktifkan, maka ada iuran bulanan dibebankan kepada pelanggan. Kalau dinonaktifkan fasilitas menelepon tapi masih bisa menerima telepon, maka biaya tambahan per bulan tersebut ditiadakan.
ü  Bagi pelanggan lama, Speedy tidak memerlukan kabel telepon baru. Proses pemasangan cukup menyambung kabel telepon yang telah ada ke modem.
ü  Akses Internet menggunakan Speedy di Indonesia kecepatannya semakin tinggi jika kabel serat optik telah merata digunakan di seluruh wilayah Indonesia.
ü  Akses Internet Juga Tergantung Paket Yang Diminta
Kelemahan
ü  Speedy akan bekerja dengan sempurna jika lokasi cukup dekat dengan sentral telepon. Dalam jarak 0-2 km bentangan kabel, ADSL2+ yang dipakai oleh Speedy dapat mencapai kecepatan sekitar 24 mbps akan stabil kecepatannya. Kualitas kecepatan semakin menurun jika kabel tembaga telah berusia tua dan jarak DSLAM terlalu jauh dari rumah pelanggan. Kabel serat optik dapat menetralisir kekurangan ini, namun sedang dalam pembangunan di seluruh wilayah Indonesia.
ü  Speedy lebih cepat menerima data daripada mengirim data melalui Internet.
ü  Layanan Speedy tidak ada di wilayah yang tidak ada jaringan telepon yang disediakan Telkom.
ü  Layanan Speedy Biasananya Sering DC Apabila Dalam Keadaan Buruk Seperti Hujan + Petir
ü  Untuk Layanan Speedy Yang Masih Menggunakan Tembaga Harus Ada Perawatan Berkala dan masih ada gelombang radio

Ø  Cara Setting Modem Zyxel
Pertama buka browser,  kemudian ketikan IP Default nya modem tersebut.....!!
Web Defaul : 192.168.1.254
    User : support
    Pass : theworldinyourhand


Gambar 1
Gambar 2
Gambar 3

Gambar 4

Gambar 5

Gambar 6

Gambar 7

Gambar 8

Gambar 9


Gambar 10


Gambar 11
.















BAB V
PENUTUP
A.  KESIMPULAN
Dalam melakukan perbaikan jaringan telepon dan internet speedy ternyata tidak sesulit yang di pikirkan. Contohnya dalam melakukan setting modem, perbaikan jaringan telepon, dan perbaikan jaringan speedy.

B.  SARAN
Saran yang dapat disampaikan oleh penulis agar PT.Telkom Indonesia dapat memberikan banyak inovasi yang dapat dikembangkan. Dan dapat menjadi sarana utama komunikasi yang positif bagi masyarakat umum. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi warga SMK Ma’arif NU Nusahada Reban secara khusus dan masyarakat secara umum.





























DAFTAR PUSTAKA
https://id.wikipedia.org/wiki/Speedy_%28Telkom%29
Diunduh :21.03.2016
http://woocara.blogspot.co.id/2015/02/pengertian-internet-dan-sejarah-internet.html
Diunduh : 27.03.2016
http://artobeskar.blogspot.co.id/2015/04/setting-modem-zyxel-p-660hn-t1-v2.html
Diunduh :21.03.2016



































1 komentar:

  1. I'm sorry, the channel has been banned for - Videodl.CC
    Youtube channel has been banned for gambling on the following sites, with posts. On youtube mp3 this channel, we have removed the channel that is banned by the

    BalasHapus