PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Pelaksanaan kegiatan
Praktik Kerja Industri (Prakerin) di SMK Ma’arif NU Nusahada Reban adalah
bagian dari Pendidikan Sistem Ganda (PSG) sebagai program bersama antara
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan dunia industri yang dilaksanakan di
dunia usaha.
Pembelajaran di dunia
kerja (Profesi) tersebut merupakan bagian integral dari program diklat secara
menyeluruh, karena itu materi yang dipelajari dan kompetensi yang dilatihkan
harus jelas kaitannya dengan profil kompetensi tamatan yang telah ditetapkan
Lebih lanjut dalam
Undang-Undang Prakerin Dikmendikti (2003) diungkapkan bahwa Praktik Kerja
Industri (Prakerin) adalah program wajib yang harus diselenggarakan oleh
sekolah khususnya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan pendidikan luar sekolah
serta wajib diikuti oleh siswa/warga belajar. Penyelenggaraan Praktik Kerja
Industri akan membantu peserta didik untuk memantapkan hasil belajar yang
diperoleh di sekolah serta membekali siswa dengan program studi yang
dipilihnya.
Guna mendekatkan
kesesuaian mutu tamatan yang meliputi kemampuan kerja dan sikap profesional,
maka diselenggarakan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) yang memuat aspek/komponen
Praktik Kerja Industri (Prakerin), yang meliputi praktik kerja langsung di lini
produksi pada dunia usaha/industri. Yaitu, siswa-siswi Prakerin terjun langsung
ke lapangan untuk melaksanakan Praktik Kerja Industri dengan bimbingan dari
pembimbing lapangan , tentang teknik cara dalam melakukan Praktik Kerja
Lapangan.
B.
Tujuan
Maksud dan tujuan dari
Praktik Kerja Industri(Prakerin)
SMK Ma’arif NU Nusahada Reban Kabupeten Batang adalah:
a.
Mengembangkan potensi
diri dengan melihat, mendengar, dan mengerjakan sendiri suatu pekerjaan dan
menyelesaikannya dan tentunya
melatih tanggung jawab atas pekerjaan yang di berikan kepada kita.
b.
Memiliki motivasi
berprestasi tinggi agar diterima di dunia kerja yang penuh persaingan.
c.
Memperoleh life skill yang sesuai dengan tuntutan
dunia usaha/industri.
d.
Memiliki rasa percaya
diri tinggi dalam dunia kerja.
e.
Menambah wawasan, ilmu
pengetahuan, dan teknologi.
f.
Memiliki kepribadian
yang selaras dengan tuntutan masyarakat pada umumnya dan dunia usaha/industri
pada khususnya.
Maksud dan tujuan
budidaya tanaman teh untuk meningkatkan produksi durian di daerah Jawa Tengah
khususnya daerah Kabupaten Batang.
C.
Hasil
yang Diharapkan
1. Siswa mengerti tentang pekerjaan yang ada di PT. TELKOM
INDONESIA (BATANG).
2. Meningkatkan, memperluas, dan memantapkan ketrampilan
dan etos kerja siswa sebagai bekal untuk memasuki lapangan kerja.
3. Siswa dapat melatih mental bekerja dan rasa percaya diri.
4. Menumbuhkembangkan sikap profesionalisme siswa sesuai
dengan tuntutan lapangan kerja.
5. Siswa mengerti tentang cara bermasyarakat
yang baik dan benar.
6. Siswa mengerti tentang cara berkomunikasi sesama pekerja dan komunikasi antara atasan kerja dengan baik.
7. Siswa mengerti tentang cara hidup mandiri.
8. Memberikan pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman
kerja sebagai proses dari pendidikan.
9. Siswa mengerti cara penyusunan laporan yang baik dan benar.
BAB
II
TINJAUAN
PUSTAKA
A. SEJARAH
SINGKAT BERKEMBANGNYA JARINGAN SPEEDY
internet
adalah sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan computer-komputer dan
jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia.
1. Sejarah internet bermula ketika beroperasinya jaringan ARPANET pada tahun 1969. Jaringan ARPANET pertama tersebut hanya menghubungkan empat host komputer dan besar bandwitdh-nya hanya 50kbps. Untuk lebih jelas, berikut ini diuraikan timeline perkembangan internet sejak berdirinya sampi dekade 90-an menurut sejarah DUNIA :
§ 1967 – 1970 Lawrence G. roberts dari machusetts of Technology (MIT) mempre-sentasikan rencanapembangunan ARPANET.
§ 1968, proposal ARPANET dibuat untuk memulai proyek tersebut.
§ 1970 , Host ARPANET mulai menggunakan NPC (Network Control Protocol).
§ 1971-1988 ; Roy Tomlinson dari BNN menciptakan progam E-mail.
§ 1975; steve walker membuat mailling list.
§ 1979 ; Tom Truscott dan Jim Ellis memperkenalkan USENET.
§ 15 Maret 1985 ; Syimbolic.com tercatat sebagai domain pertama.
§ 1988 ; Internet Relay chat (IRC) diciptakan oleh Jarkko Oikrane
§ 1986; National Science Foundation (NSF) Backbone dibentuk.
§ 1996 ; Internet World Expo.
§ 2003 ; doc type xhtml, W3C, CSS, RSS, ATOM, blogs.
Sedangkan sejarah internet di Indonesia berawal dari :
§ 1992 - Berawal dari BPPT - UI - LAPAN. Terbentuk Paguyuban - teknologi packet radio sebagai basis untuk network regional.
§ 1994 - Indointernet sebagai ISP komersial pertama.
§ 1996 - paling tidak 20 ISP komersial & 40 ISP menunggu ijin operasi
§ 2004 - Telah lebih dari 20 ISP, dan koneksinya telah bertambah banyak [ dial up, Lease line, ADSL, Cable, Handphone / GPRS, WI FI dan sebagainya ]
2. jenis koneksi Internet antara lain : Dial-up, Broadband, ADSL
3. Aplikasi-aplikasi dalam internet, diantaranya:
- E-mail (Electronic Mail) adalah layanan pertukaran pesan elektronik via Internet.
- WWW (World Wide Web) atau lazim disebut Web adalah layanan penyajian informasi di Internet. Untuk mengaksesnya, kita memakai program yang disebut web browser, misalnya Internet Explorer, Mozilla Firefox, atau Opera.
- FTP (File Transfer Protocol) adalah layanan pertukaran file di Internet. Teknik pertukaran data file dapat kita lakukan dengan cara menjalankan sebuah program untuk mengakses sebuah server FTP.
- Video streaming yaitu dengan fasilitas ini kita dapat nonton file video, radio online dan sebagainya di komputer
- Akses dan control komputer jarak jauh (remote login) menerusi Telnet
- Berkomunikasi online/langsung seperti sms di handphone hanya di sini bedanya kita dapat bercakap langsung dengan beberapa orang sekaligus dengan menggunakan Internet Relay Chat (IRC) . Chatting adalah berkomunikasi secara langsung via Internet.
- Kelompok yang menggunakan Newsgroup sebagai wadah pemberitaan
- Mengadakan forum elektronik, sebuah forum yang dapat di baca umum dan dapat kita komentari
- Central transaction controller, seperti ATM, credit card dan sebagainya langsung connect ke server perusahaan tersebut dengan bantuan jalur internet
- Dan teknologi yang terbaru adalah VOIP yaitu dapat bertelepon dengan kemana saja dengan bantuan jalur internet [ sehingga telepon pun menjadi lebih murah ]
4. Manfaat internet dalam kehidupan kita adalah:
a. Informasi untuk kehidupan pribadi : Kesehatan, Rekreasi, Hobby, Pengembangan Pribadi, Rohani, Sosial.
b. Informasi untuk kehidupan profesional/Pekerja : Sains, Teknologi, Perdagangan, Saham. Komoditas, Berita Bisnis, Asosiasi Profesi, Asosiasi Bisnis, Berbagai Forum Komunikasi.
1. Sejarah internet bermula ketika beroperasinya jaringan ARPANET pada tahun 1969. Jaringan ARPANET pertama tersebut hanya menghubungkan empat host komputer dan besar bandwitdh-nya hanya 50kbps. Untuk lebih jelas, berikut ini diuraikan timeline perkembangan internet sejak berdirinya sampi dekade 90-an menurut sejarah DUNIA :
§ 1967 – 1970 Lawrence G. roberts dari machusetts of Technology (MIT) mempre-sentasikan rencanapembangunan ARPANET.
§ 1968, proposal ARPANET dibuat untuk memulai proyek tersebut.
§ 1970 , Host ARPANET mulai menggunakan NPC (Network Control Protocol).
§ 1971-1988 ; Roy Tomlinson dari BNN menciptakan progam E-mail.
§ 1975; steve walker membuat mailling list.
§ 1979 ; Tom Truscott dan Jim Ellis memperkenalkan USENET.
§ 15 Maret 1985 ; Syimbolic.com tercatat sebagai domain pertama.
§ 1988 ; Internet Relay chat (IRC) diciptakan oleh Jarkko Oikrane
§ 1986; National Science Foundation (NSF) Backbone dibentuk.
§ 1996 ; Internet World Expo.
§ 2003 ; doc type xhtml, W3C, CSS, RSS, ATOM, blogs.
Sedangkan sejarah internet di Indonesia berawal dari :
§ 1992 - Berawal dari BPPT - UI - LAPAN. Terbentuk Paguyuban - teknologi packet radio sebagai basis untuk network regional.
§ 1994 - Indointernet sebagai ISP komersial pertama.
§ 1996 - paling tidak 20 ISP komersial & 40 ISP menunggu ijin operasi
§ 2004 - Telah lebih dari 20 ISP, dan koneksinya telah bertambah banyak [ dial up, Lease line, ADSL, Cable, Handphone / GPRS, WI FI dan sebagainya ]
2. jenis koneksi Internet antara lain : Dial-up, Broadband, ADSL
3. Aplikasi-aplikasi dalam internet, diantaranya:
- E-mail (Electronic Mail) adalah layanan pertukaran pesan elektronik via Internet.
- WWW (World Wide Web) atau lazim disebut Web adalah layanan penyajian informasi di Internet. Untuk mengaksesnya, kita memakai program yang disebut web browser, misalnya Internet Explorer, Mozilla Firefox, atau Opera.
- FTP (File Transfer Protocol) adalah layanan pertukaran file di Internet. Teknik pertukaran data file dapat kita lakukan dengan cara menjalankan sebuah program untuk mengakses sebuah server FTP.
- Video streaming yaitu dengan fasilitas ini kita dapat nonton file video, radio online dan sebagainya di komputer
- Akses dan control komputer jarak jauh (remote login) menerusi Telnet
- Berkomunikasi online/langsung seperti sms di handphone hanya di sini bedanya kita dapat bercakap langsung dengan beberapa orang sekaligus dengan menggunakan Internet Relay Chat (IRC) . Chatting adalah berkomunikasi secara langsung via Internet.
- Kelompok yang menggunakan Newsgroup sebagai wadah pemberitaan
- Mengadakan forum elektronik, sebuah forum yang dapat di baca umum dan dapat kita komentari
- Central transaction controller, seperti ATM, credit card dan sebagainya langsung connect ke server perusahaan tersebut dengan bantuan jalur internet
- Dan teknologi yang terbaru adalah VOIP yaitu dapat bertelepon dengan kemana saja dengan bantuan jalur internet [ sehingga telepon pun menjadi lebih murah ]
4. Manfaat internet dalam kehidupan kita adalah:
a. Informasi untuk kehidupan pribadi : Kesehatan, Rekreasi, Hobby, Pengembangan Pribadi, Rohani, Sosial.
b. Informasi untuk kehidupan profesional/Pekerja : Sains, Teknologi, Perdagangan, Saham. Komoditas, Berita Bisnis, Asosiasi Profesi, Asosiasi Bisnis, Berbagai Forum Komunikasi.
B. SISTEM
JARINGAN INTERNET
Pengertian Jaringan Internet. Teknologi berkembang pesat sehingga ada
sebuah slogan yang mengatakan "Dunia di Gemgaman Tangan Anda", salah
satu teknologi yang sungguh fenomenal adalah Internet, sebuah
Jaringan yang begitu kompleks namun sungguh mengagumkan maka kita sebut sebagai
jaringan internet. Internet adalah jaringan komputer yang bisa
dikategorikan sebagai WAN, menghubungkan berjuta komputer diseluruh dunia,
tanpa batas negara, dimana setiap orang yang memiliki komputer dapat bergabung
ke dalam jaringan ini hanya dengan melakukan koneksi ke penyedia layanan
internet (internet service provider / ISP) seperti Telkom Speedy, atau
IndosatNet. Internet dapat diterjemahkan sebagai international networking
(jaringan internasional), karena menghubungkan komputer secara internasional,
atau sebagai internetworking (jaringan antar jaringan) karena menghubungkan
berjuta jaringan diseluruh dunia.
Internet dimulai ketika Departemen Pertahanan Amerika Serikat (Department
of Defense USA) membangun sebuah jaringan komputer di tahun 1969, yang diberi
nama ARPANET (Advanced Research Project Agency NETwork) dengan tujuan untuk
menghubungkan beberapa komputer yang berada dibeberapa universitas melakukan
riset militer, terutama untuk membangun jaringan komunikasi komputer yang mampu
bertahan terhadap serangan nuklir. Jaringan ini berkembang terus, semakin
banyak komputer yang terlibat, dan riset disisi pengembangan perangkat lunak
juga berkembang. Pada bulan Mei tahun 1974, Vinton G.Cerf dari Stanford
University dan Robert E.Kahn dari Departemen Pertahanan USA, mempublikasi
sebuah paper di IEEE Transaction on Communication berjudul “A Protocol for
Packet Network Intercommunication”, konsep ini kemudian populer sebagai
protokol TCP/IP, ketika ARPANET meng-adopsi protokol menjadi protokol standard
untuk ARPANET pada tahun 1983. Pihak universitas terutama University of
California at Berkeley kemudian membangun sistem operasi Berkeley Software
Distribution Unix) atau BSD UNIX (dikenal dengan nama Free BSD Unix) dan pihak
departemen pertahanan membiayai Bolt Baranek dan Newman (BBN) untuk
meng-implementasi protokol TCP/IP pada BSD Unix untuk diterapkan pada ARPANET,
dengan demikian cikal-bakal internet terbentuk.
Pada penghujung tahun 1983, jaringan ARPANET dibagi dua menjadi DARPANET
(Defence ARPANET) dan MILNET (MILitary NETwork). Pada tahun 1985 dibentuklah
jaringan NFSNET (National Science Foundation NETwork) untuk menghubungkan
supercomputer yang ada diberbagai universitas di Amerika dan disambungkan
dengan ARPANET. Jaringan NSFNET dikembangkan terus oleh periset perguruan
tinggi. Pada tahun 1988 jaringan backbone internet ini hanya berkapasitas 56
Kbps. Walaupun pada tahun 1990 secara resmi ARPANET ditutup, namun jaringan
internet yang telah terbentuk diteruskan oleh pihak universitas di Amerika dan
memasukkan jaringan universitas di benua Amerika (Kanada dan Amerika Selatan)
serta jaringan di Eropa menjadi bagian dari internet. Pada tahun 1992 jaringan
backbone ditingkatkan ke T3 dengan kecepatan 45 Mbps, dan disekitar tahun 1995
ditingkatkan lagi menjadi OC-3 pada kecepatan 155 Mbps. Kini backbone internet
berkecepatan tinggi dalam order Gbps.
Topologi internet pada dasarnya adalah mesh-topology, menghubungkan
banyak jenis jaringan melalui sistem packet-switching, kalaupun bisa dikatakan
yang menjadi pusat-nya adalah beberapa NAP (Network Access Point) yang ada di
San Fransisco (Pacific Bell), di Chicago (Ameritech), New Jersey (Sprint), dan
Merit Access Exchange (MAE) di San Fransisco (MAE West) dan Washington, D.C
(MAE East) yang ditangani oleh MFS Datanet.
Walaupun tidak ada organisasi yang memiliki internet, namun ada banyak
organisasi yang memelihara jaringan ini melalui penetapan standarisasi
protokol, aturan-aturan, serta metoda akses. Internet Engineering Task Force
(IETF) menangani masalah-masalah teknis yang timbul di internet, seperti
masalah pada protokol, arsitektur dan pengoperasian internet. Internet Research
Task Force (IRTF) menangani riset teknis, seperti sistem pengalamatan dan
rekayasa lainnya. Internet Assigned Numbers Authority (IANA) mengatur pembagian
alamat IP (IP#) ke berbagai negara dan organisasi. Internet Society (ISOC)
menangani masalah administrasi dan struktur organisasi internet.
Badan usaha komersil kemudian menyediakan layanan akses dengan
menyediakan koneksi dari komputer pengguna ke internet, dan badan ini disebut
sebagai penyedia akses internet atau ISP. Beberapa ISP terkenal di dunia adalah
America On Line (AOL), Australia OnLine, CompuServe, GEnie, dan Prodigy. Di
Indonesia ada TelkomNet, IndosatNet, Wasantara Net, InterNux, dan sebagainya.
ISP menyediakan koneksi dial-up melalui modem-telepon, koneksi wireless melalui
antena WLAN, atau koneksi ADSL melalui telepon. Protokol koneksi yang digunakan
adalah SLIP (Serial Line Interface Protocol) atau PPP (Point-to-Point
Protocol), dimana koneksi SLIP biasanya lebih lambat dari PPP.
C. KELEBIHAN
DAN KEKURANGAN JARINGAN INTERNET
Tentunya
dalam dunia Internet terdapat banyak sekali kelebihan dan kekurangan tergantung
dari bagaimana kita ingin mengaksesnya..:
Berikut ini
adalah 10 kelebihan dan kekurangan dalam Internet :
1. HIBURAN
Teknologi
internet dan new media memberikan banyak kemudahan untuk pengguna nya dalam
menikmati hiburan , diantaranya adalah situs Game Online. dengan situs ini user
bisa bermain game secara universal dengan seluruh pemain lain didunia.
Kelebihan :
Bisa menghilangkan kejenuhan pengguna nya dan bisa mengasah kemampuan
berstrategi dalam berpikir.
2. MEDIA
SOSIAL
Mungkin
dibidang ini adalah salah satu teknologi internet yang paling banyak pengguna
nya , banyak sekali situs penyedia jejaring sosial seperti :
Facebook,Twiter,skype,dan masih banyak lagi. disebut sosial karena dengan
teknologi ini anda dapat Bersosialisasi bersama banyak orang yang andal kenal
bahkan belum anda kenal dengan hanya berkenalan via dunia maya.
Kelebihan :
Memudahkan anda berkomunikasi dengan teman bahkan saudara anda yang jaraknya
mungkin jauh dari tempat tinggal anda,juga dapat bertukar pengalaman informasi
dsb,dapat membuat anda bisa berteman dengan siapapun diseluruh dunia tanpa
batas negara.
3. EDUKASI
Banyak
sekali Pendidikan yang didapat via internet , mulai dari wikipedia.com dsb.
Internet dapat membuat pengguna nya cerdas jika Pengguna nya menggunakan nya
untuk mencari pendidikan yang positif, sebaliknya internet dapat membuat
pengguna nya bodoh jika kita negatif dalam mencari pendidikan via internet.
Kelebihan :
Menambah wawasan pengguna nya,memudahkan siapapun untuk belajar via dunia maya
dengan instan. ringkas padat dan jelas.
4. INFORMASI
Di internet
bukan hanya 1 atau 2 penyedia layanan infomasi tetapi sangatlah banyak sekali,
mulai dari kompas.com,yahoo.com,viva news dsb. mulai dari informasi gaya
hidup,pendidikan,tempat wisata,kesehatan semuanya tersedia di internet
Kelebihan :
Membuat pengguna nya cepat menerima informasi terbaru tanpa harus menunggu
acara berita ditelevisi dsb, dan juga dapat menambah wawasan dari seluruh
dunia,karena sangat banyak sekali situs Informasi dari seluruh Dunia.
5. AKSES 24
JAM
Akses
informasi di Internet tidak dibatasi waktu, karena dengan lingkup global, dunia
maya yang dihadirkan ‘tidak pernah tidur’.. Responden penelitian yang dilakukan
lewat Internet bisa memberikan respon atau jawaban sesuai dengan kondisi dan
situasi yang dikehendaki masing-masing individu.
6. KECEPATAN
Bila
dibandingkan dengan sumber data tradisional, riset melalui Internet jauh lebih
cepat, karena bersifat real-time. Kita tinggal mengkilk berbagal icon,
selanjutnya tinggal menunggu hasil (tentunya tergantung pada fasilitas modem
dan ISP atau Internet Service Provicer yang dipergunakan) lebih cepat dan lebih
murah.
7.
KENYAMANAN
Peneliti
lewat Internet tidak harus menghadapi berbagai persoalan birokratis, seperti
ijin dari berbagai instansi untuk keperluan peilgumpulan data, ‘kerahasiaan’
informasi, dan keharusan untuk datang sendirl keinstansi bersangkutan. Selain
itu, berbagai fitur (features) yang dirancang khusus dan user-ftiendly sangat
memudahkan peneliti mengakses berbagal situs Internet.
8. KEMUDAHAN
AKSES
Menjamurnya
bisnis warnet (warung Internet) di Indonesia (khususnya di kota-kota besar)
membuat akses terhadap Internet menjadi lebih mudah. Persaingan antarwarnet
dalam hal harga, kecepatan akses, dan fasilitas pendukung lainnya membuat para
pengguna Internet lebih nyaman dan mudah memanfaatkan Internet untuk keperluan
riset maupun tujuan lainnya.
9.
INTERAKTIVITAS dan FLEKSIBILITAS
Dalam dunia
internet komunikasi dengan pengguna di belahan dunia, dapat anda lakukan tanpa
batas ruang dan waktu. Komunikasi yang anda lakukan dapat secara interaktif,
misalnya dengan fasilitas chatting. Di samping itu anda dapat mengikuti
informasi perkembangan terbaru, misalnya dalam bisnis secara fleksibel dan
dapat dikomunikasikan dengan pengguna lain. Di samping keunggulan seperti
tersebut di atas, internet juga mempunyai kelemahan. Kelemahan tersebut
tergantung dari sudut pandang setiap pengguna dan bersifat relatif.
10. SARANA
KOMUNIKASI MURAH
Dibandingkan
dengan komunikasi canggih abad ini, internet adalah sarana komunikasi paling
murah dengan efektifitas cukup tinggi. Jika Anda harus merogoh ribuan dollar
untuk berkomunikasi dengan keluarga di luar negeri via handphone, dengan
internet hanya butuh uang receh. Bisa komunikasi suara, teks bahkan video live.
Itulah 10
dari sekian banyak tentang penjelasan Kelebihan dalam dunia Internet.
Tentunya
masih banyak lagi kelebihan-kelebihan dari Internet..
Berikut
adalah 10 Kekurangan dari Internet.:
1.
KETERGANTUNGAN PADA JARINGAN TELEPON dan INTERNET SERVICE PROVIDER. (ISP)
Fasilitas
jaringan telepon dan ISP sangat berpengaruh terhadap biaya pemakaian Internet
dan kemungkinan akses secara keseluruhan. Hingga saat ini, biaya penggunaan
Internet di Indonesia masih relatif mahal, karena tarif telepon ditentukan
berdasarkan pulsa yang digunakan, bukannya atas dasar jumlah panggilan (number
of calls). Selain itu, saluran telepon di Indonesia masih relatif lambat, yang
pada gilirannya menyebabkan waktu akses menjadi lebib lama dan biaya akses
menjadi mahal. Sementara itu, terbatasnya bandwidth sistem transmisi yang
disediakan ISP dan banyaknya pelanggan yang mengakses pada waktu bersamaan
memperparah akses terhadap Internet.
2.
SELEKTIVITAS dan ANONIMITAS
Salah satu
persoalan dalam riset lewat Internet adalah sulitnya mengidentifikasi identitas
responden. Setiap orang, termasuk yang bukan target respon, bisa mengisi
kuesioner secara on-line tanpa bisa dicegah atau dibatasi. Belum lagi -adanya
kenyataan bahwa setiap orang bisa memiliki sejumlah alamat e-mail berbeda dan
belum tentu menggunakan identitas asli. Semua ini membuat riset secara on-line
harus benar-benar selektif dalam menentukan sampling dan cara responden
memberikan jawaban.
3.
KARAKTERISTIK DEMOGRAFIS PEMAKAI INTERNET
Berbagai
penelitian menunjukkan bahwa Internet lebih efektif untuk menjangkau responden
yang termasuk kelompok berdaya beli atau berpenghasilan dan berpendidikan
relatif tinggi. Dengan demikian Internet kurang efektif bagi penelitian yang
kelompok sampeinya adalah masyarakat golongan menengah ke bawah.
4. CLUTTER
dan “NEVER-ENDING SEARCH”
Informasi
yang tersedia di Internet sangat besar jumlahnya, namun tidak semuanya
dibutuhkan. Pencarian tanpa strategi khusus bisa diibaratkan mencari jarum’ *
dalam jerami, sehingga sang peneliti ‘terjerumus’ ke dalam belantara informasi
tanpa ujung. Ini
sering
membuat peneliti pemula di Internet mengalami frustrasi, karena bukannya
mendapatkan informasi, tet.api justr’u menghabiskan waktu dan uang untuk
pencarian yang tak tentu arah. Selain itu, godaan di Internet relatif amat
besar, terutama bagi mereka yang suka menelusuri situs-situs pornografi, yang
ujung-ujungnya membuat pencarian informasi menjadi tidak efektif dan lepas
kendali.
5.
RELIABILITAS dan VALIDITAS SUMBER ACUAN HASIL RISET
Setiap orang
bebas membuka homepage sendiri dan menampilkan berbagai informasi di sana.
Implikasinya, tidak semua data dan informasi yang didapatkan lewat Internet
andal dan valid untuk dijadikan acuan dalam penelitian. Selain itu, sumber
informasi di Internet mudah berubah, misainya homepage yang telah berubah atau
bahkan sudah tidak ada lagi. Akibatnya, peneliti harus selalu mencermati
perubahan tersebut bila mengutip sumber bersangkutan.
6. VIRUS
Salah satu
masalah yang juga tak kalah peliknya adalah risiko terkena virus komputer yang
mudah menyebar lewat jaringan Internet, baik lewat e-mail maupun file-file yang
di-download. virus ini biasanya merusak sistem komputer dan tidak jarang
komputer tersebut rusak.
7. TIDAK ADA
FILTER YANG TANGGUH
Banyak yang
mencoba memfilter informasi di internet, namun kenyataannya hal itu tidak bisa
dengan mudah menyingkirkan informasi yang membahayakan atau tidak pantas.
Sejauh ini tidak ada filter yang tangguh untuk memfilter internet dari
pornografi dan pembajakan.
8.
PENGAWASAN HUKUM MASIH LEMAH
SOPA PIPA
negara adidaya pun keder di mata kebebasan internet. Kebijakan atas nama
perlindungan karya ini tidak mampu membendung pelanggaran hak cipta. Pengawasan
hukum pun masih sangat lemah karena belum adanya kesepatakan dan kesepahaman
antar pengguna Internet tentang kebebasan.
9. PRIVASI
MUDAH DI BOBOL
Masih ingat
kasus tabu artis beberapa tahun lalu? Inilah ruang privasi yang terpublikasi
tanpa tedeng aling-aling dengan cepat menyebar dan menjalar ke seluruh publik
yang ujung-ujungnya merugikan semua pihak.
10.
INFORMASI PALSU DI MANA-MANA (HOAX)
Ada milyaran
informasi di jagad maya, namun Anda harus bijak memilah informasi tersebut
dengan klarifikasi ke situs-situs lain karena bisa saja informasi yang Anda
anggap benar tersebut adalah HOAX atau palsu belaka.
BAB
III
PELAKSANAAN
A.
Waktu Pelaksanaan
Kegiatan
praktik kerja industri dilaksanakan selama dua bulan, mulai tanggal 18 Januari 2016
sampai dengan 23 Maret 2016.
B.
Tempat Dan Skala Produksi
1. Tempat
Pelaksanaan
Kegiatan
prakerin dilaksanakan di PT. TELKOM INDONESIA (BATANG)
2. Keadaan
Umum Lokasi Prakerin
a. Sejarah PT. TELKOM INDONESIA
Perusahaan Telekomunikasi sudah ada sejak masa Hindia Belanda dan yang
menyelenggarakan adalah pihak swasta.
Sedangkan perusahaan Telekomunikasi Indonesia (PT. TELKOM) sendiri juga termasuk bagian dari perusaahaan tersebut
yang mempunyai bentuk badan usaha Post-en Telegraaflent dengan Staats blaad No.52 tahun 1884. Dan
sejak tahun 1905 perusahaan Telekomunikasi sudah berjumlah 38 peusahaan. Namun setelah itu
pemerintah Hindia Belanda mengambil alih perusahaan tersebut yang berdasar kepada Staatsblaad tahun
1906. Dan sejak itu berdirilah Post, Telegraf en Telefoon Dients (PTT-Dients),dan perusahaan
ini ditetapkan sebagai Perusahaan Negara berdasar Staats blaad No.419 tahun 1927 tentang
Indonesia Bedrijven Weet (I.B.W Undang-Undang Perusahaan Negara).
Perusahaan PTT tesebut bertahan sampai adanya Peraturan Pemerintah
Pengganti Undang-Undang (Perpu) No.19 tahun 1960 oleh Pemerintah Republik
Indonesia, tentang adanya persyaratan suatu Perusahaan Negara (PN). Tetapi pada
tahun 1961 menurut Peraturan Pemerintah No.240 bahwa Perusahaan Negara dilebur
menjadi Perusahaan Negara Pos dan Telekomunikasi yang dimuat dalam pasal 2 I.B.
2
Namun pada tahun 1965 pmemerintah membagi perusahaan Pos dan
Telekomunikasi menjadi dua bagian yang berdiri sendiri yaitu Perusahaan Pos dan
Giro (PN. Pos dan Giro) serta Perusahaan Negara Telekomunikasi (PN.
Telekomunikasi) yang sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah No.30 tahun 1965.
Dan perusahaan tersebut berkembang menjadi Perusahaan Umum (Perum). Dalam
Peraturan Pemerintah No.36 tahun 1974 dinyatakan bahwa Perum Telekomunikasi
sebagai penyelenggara jasa Telekomunikasi untuk umum baik Telekomunikasi dalam
negeri maupun luar negeri.
Perusahaan Umum (PERUM) Telekomunikasi merupakan penyelenggara jasa
telekomunikasi untuk umum, baik hubungan telekomunikasi dalam negeri maupun
luar negeri. Tentang hubungan telekomunikasi luar negeri saat itu juga
diselenggarakan oleh PT. Indonesia Satelite Corporation (INDOSAT), yang masih
berstatus perusahaan asing yakni dari American Cable and Radio Corp yaitu suatu
perusahaan yang didirikan berdasarkan peraturan negara bagian Delaware, USA.
Seluruh saham PT Indosat dengan modal asing ini pada tahun 1980 dibeli
oleh Indonesia dari American Cable and radio Corp. Pemerintah mengeluarkan
Peraturan Pemerintah No. 22 tahun 1274 berdasarkan PP No. 53 tahun 1980,
Perumtel ditetapkan sebagai badan usaha yang berwenang menyelenggarakan
telekomunikasi untuk umum dalam negeri dan Indosat ditetapkan sebagai badan
usaha penyelenggara telekomunikasi urnurn untuk internasional. 3
Memasuki Repelita V, pemerintah merasakan perlu percepatan pembangunan
telekomunikasi sebagai infrastruktur yang diharapkan dapat memacu pembangunan
sektor lainnya. Berdasarkan PP No. 15 tahUH 1991, maka Perum dialihkan menjadi
Perusahaan Perseroan (persero). Mengantisipasi era globalisasi, seperti
diterapkannya perdagangari bebas baik internasional maupun regional, maka PT
Telkom pada tahun 1995 melaksanakan 3 program besar. Program-program tersebut
adalah restrukturisasi internal, penerapan KSO dan persiapan Go Public
Internasional (International Public Offering).
Kronologi sejarah PT Telkom dijelaskan sebagai berikut :
1. 1882 sebuah badan usaha
swasta penyedia layanan pos dan telegrap dibentuk pada masa pemerintahan
kolonial Belanda.
2. 1906 Pemerintah Kolonial
Belanda membentuk sebuah jawatan yang mengatur layanan pos dan telekomunikasi
yang diberi nama Jawatan Pos, Telegrap dan (Post, Telegraph en Telephone
Dienst/PTT).
3. 1945 Proklamasi kemerdekaan
Indonesia sebagai negara merdeka dan berdaulat, lepas dari pemerintahan Jepang.
4. 1961 Status jawatan diubah
menjadi Perusahaan Negara Pos dan Telekomunikasi (PN Postel).
5. 1965 PN Postel dipecah
menjadi Perusahaan Negara Pos dan Giro (PN Pos dan Giro), dan Perusahaan Negara
Telekomunikasi (PN Telekomunikasi).
6. 1974 PN Telekomunikasi
disesuaikan menjadi Perusahaan Umum Telekomunikasi (Perumtel) yang
menyelenggarakan jasa telekomunikasi nasional maupun internasional.
7. 1980 PT Indonesian Satellite
Corporation (Indosat) didirikan untuk menyelenggarakan jasa telekomunikasi
internasional, terpisah dari Perumtel.
8. 1989 Undang-undang No. 3
tahun 1989 tentang Telekomunikasi, tentang peran serta swasta dalam
penyelenggaraan Telekomunikasi.
9. 1991 Perumtel berubah bentuk menjadi Perusahaan Perseroan (Persero)
Telekomunikasi Indonesia berdasarkan PP no. 25 tahun 1991.
10. 1995 Penawaran Umum perdana
saham TELKOM (Initial Public Offering) dilakukan pada tanggal 14 November 1995.
sejak itu saham TELKOM tercatat dan diperdagangkan di Bursa Efek Jakarta (BEJ),
Bursa Efek Surabaya (BES), New York Stock Exchange (NYSE) dan London Stock
Exchange (LSE). Saham TELKOM juga diperdagangkan tanpa pencatatan (Public
Offering Without Listing) di Tokyo Stock Exchange.
11. 1996 Kerja sama Operasi
(KSO) mulai diimplementasikan pada 1 Januari 1996 di wilayah Divisi Regional I
Sumatra dengan mitra PT Pramindo Ikat Nusantara (Pramindo); Divisi Regional III
Jawa Barat dan Banten-dengan mitra PT Aria West International (AriaWest);
Divisi Regional IV Jawa Tengah dan DI Yogyakarta - dengan mitra PT Mitra Global
Telekomunikasi Indonesia (MGTI); Divisi Regional VI Kalimantan dengan mitra PT
Dayamitra Telekomunikasi (Dayamitra); dan Divisi Regional VII Kawasan Timur
Indonesia-dengan mitra PT Bukaka Singtel.
12. 1999 Undang-undang nomor 36/
1999, tentang penghapusan monopoli penyelenggaraan telekomunikasi.
13. 2001 KOM membeli 35% saham
Telkomsel dari PT Indosat sebagai bagian dari implementasi restrukturisasi
industri jasa telekomunikasi di Indonesia, yang ditandai dengan penghapusan
kepemilikan bersama dan kepemilikan silang antara TELKOM dengan Indosat. Dengan
transaksi ini, TELKOM menguasai 72,72% saham Telkomsel. TELKOM membeli 90,32%
saham Dayamitra dan mengkonsolidasikan laporan keuangan Dayamitra ke dalam
laporan keuangan TELKOM.
14. 2002 TELKOM membeli seluruh
saham Pramindo melalui 3 tahap, yaitu 30% saham pada saat ditandatanganinya
perjanjian jual-beli pada tanggal 15 Agustus 2002, 15% pada tanggal 30
September 2003 dan sisa 55% saham pada tanggal 31 Desember 2004. TELKOM menjual
12,72% saham Telkomsel kepada Singapore Telecom, dan dengan demikian TELKOM
memiliki 65% saham Telkomsel. Sejak Agustus 2002 terjadi duopoli
penyelenggaraan telekomunikasi lokal.
15. Sejak 1 Juli 1995 PT. Telkom
telah menghapus struktur wilayah usaha telekomunikasi (WTTEL) dan secara de
facto meresmikan dimulainya era Divisi Network. Badan Usaha utama dikelola oleh
7 divisi regional dan 1 divisi network. Divisi regional menyelenggarakan jasa telekomunikasi
di wilayah masing masing dan divisi network menyelenggarakan jasa
telekomunikasi jarak jauh luar negeri melalui pengoperasian jaringan transmisi
jalur utama nasional. Daerah regional.
PT. Telkom mencakup wilayah-wilayah yang dibagi sebagai berikut :
1. Divisi Regional I,
Sumatera.
2. Divisi Regional II, Jakarta
dan sekitarnya.
3. Divisi Regional II, Jakarta
dan sekitarnya.
4. Divisi Regional III, Jawa
Barat.
5. Divisi Regional IV, Jawa
Tengah dan Yogyakarta.
6. Divisi Regional V, Jawa
Timur.
7. Divisi Regional VI,
Kalimantan.
8. Divisi Regional VII,
Kawasan timur Indonesia (Sulawesi, Bali, Nusa.
9. Tenggara, Maluku dan
Papua).
Masing-masing divisi dikelola oleh suatu tim manajemen yang terpisah berdasarkan
prinsip desentraiisasi serta bertindak sebagai pusat investasi (Divisi
Regional) dan pusat keuntungan (Divisi Network), serta divisi lainnya yang
mempunyai keuntungan internal secara terpisah. Divisi-divisi pendukung terdiri
dari divisi pelatihan, divisi properti, divisi sistem informasi. Berdasarkan
organisasi divisional ini, maka kantor pusat diubah menjadi pusat biaya.
Berlakunya kebijaksanaan dekonsentrasi menjadikan jumlah SDM menjadi lebih
sedikit.
c. Profil PT. TELKOM INDONESIA
(BATANG)
Kantor Telkom di Batang – kab.
Batang ( bahasa jawa : Hanacaraka ) adalah kabupaten di provinsi jawa tengah.
Ibu kotanya adalah Batang. Kabupaten ini berbatasan dengan laut jawa di utara,
kantor plaza telkom di Batang memiliki tempat yang strategis tepat di pinggir
jalan depan hotel Sendang Sari Batang, di Jl. JENDRAL SUDIRMAN NO.70 Batang.
Kantor ini memiliki dua cabang yang terletak di Jl.RAYA BANDAR SEDAYU NO.127
BATANG dan Jl. RAYA SUBAH – BATANG. Mekanisme kerja yaitu setiap satu minggu
enam kali masuk bagi karyawan kantor, khusus anak PKL hanya lima kali masuk
dalam satu minggunya dengan jam kerja dari jam 08.00 – 16.00 WIB.
Setiap pekerja lapangan harus menyelesaikan
order minimal 5 gangguan. Kantor juga memilki 1 gedung khusus marketing dan 1
gendung bagian belakang khusus pekerja lapangan. Di bagian belakang terdapat 1
musolla, 1 ruang istirahat, 1 kamar mandi, 1 ruang MDF, 1 ruang serba guna, dan
halaman serta tempat parkir yang memadahi.
Mereka selalu menerapkan kebiasaan
untuk sholat berjamaah bersama, mereka pun memiliki kebiasaanmengadakan acara
selamatan apabila ada salah satu karyawan yang pensiun maupun pindah tempat
bekerja sebagai perpisahan.
C. Sistem Pelaksanaan
Metode
yang dilakukan untuk mendapatkan informasi yang dilakukan dalam Praktik Kerja Industri ini terdiri dari kegiatan
langsung (praktik lapangan, observasi, wawancara) dan tidak langsung (studi
kepustakaan). Metode diambil dari pertimbangan efektivitas pelaksanaan praktik
kerja industri, sehingga tujuan yang telah ditentukan dapat tercapai. Metode
metode yang dilakukan antara lain:
1.Praktik langsung
Yaitu dengan ikut serta dalam kegiatan
yang dilaksanakan di PT. Telkom Batang.
2.Observasi
Yaitu tehnik pengambilan data dan
informasi yang dilakukan dengan cara melakukan pengamatan dan perncatatan
terhadap objek yang diamati.
3.Wawancara
Yaitu
teknik pengambilan data dan informasi dengan cara bertanya langsung kepada pengelola
atau pekerja.
4. Studi perpustakaan
Yaitu
dilakukan dengan membaca pustaka atau literatur yang terkait dengan kegiatan
yang dilakukan
D. Prosedur
1. Mengecek pembagian sentral rumah
yang mengalami gangguan
2. Mengecek data pelanggan telepon dan
speedy
3. Mengecek status speedy dan telepon
4. Memperbaiki jaringan yang mengalami
gangguan
5. Memeriksa jaringan di sentral ctr
6. Menjumper speedy di mdf
BAB
IV
PEMBAHASAN
A. Pengertian
Telepon
Telepon merupakan alat komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan
suara (terutama pesan yang berbentuk percakapan). Kebanyakan telepon beroperasi
dengan menggunakan transmisi sinyal listrik dalam jaringan telepon sehingga
memungkinkan pengguna telepon untuk berkomunikasi dengan pengguna lainnya.
Ø
Gangguan dan Perbaikan Jaringan
telepon
Penyebab gangguan telepon antara lain:
1.Masalah Pada Roset
Seperti yang saya jelaskan pada gangguan speedy sebelumnya roset
merupakan alatpertama di indor yang menggantikan atau mengubah dari jaringan
outdor (kabel DW) ke jaringan indor (kabel UTP). Jadi ini adalah alat
paling penting untuk mengecek gangguantelepon. Dalam Roset kadang ada kabel
yang kurang nancap atau pin roset kurang rusak.
2.Masalah Pada Kabel Indor
Kabel Indor dalam jaringan telepon jarang sekali mengalami kerusakan
karenamemang jarang sekali di pakai dalam jarak jauh (kecuali pabrik). Namun
tidak menutupkemungkinan untuk mengalami kerusakan sehingga selalu dicek dulu.
Kerusakan pada kabelUTP disebabkan karena sering terinjak (apabila
penempatannya kurang bagus) atau kabelUTP yang sudah termakan usia dan konektor
RJ11-nya pinnya sudah berkarat
3.Masalah Pada kabel Outdor
Masalah Pada Kabel Outdor (kabel DW) sering sekali mengalami kerusakan
padamasalah gangguan telepon. Kerusakan kabel DW biasanya dikarenakan benang
dari layang-layang yang membuat kabel korosi, atau ada sambungan yang sudah
tidak layak lagi atausudah termakan usia. Kadang ada juga yang terkena
kendaraan bermotor misalnya truk ataubis yang membuat kabel DW putus.
4.Masalah Pada DP (Distribution Point)
Masalah pada DP biasanya disebabkan oleh pin atau port yang sudah rusak
di DP,penyababnya bisa kabel DW terkena petir atau kabel pin-nya sudah terlalu
tua hinggaberkarat. Karena kadang ada teknisi yang lupa menutup DP dengan
penutupnya sehinggakadang membuat DP berkarat
5.Masalah Pada Kabinet
Ini Merupakan masalah yang paling pokok sebenarnya pada gangguan
teleponkarena apabila jaringan atau sambungan di kabinet belum bisa jelas
jaringan telepon tidakakan bisa dipakai. Kerusakan pada kabinet biasanaya
dikarenakan penjumperan yang kurangtepat atau kabel jumper yang sudah lepas
atau sudah termakan usia.
6.Masalah Pada Pesawat Telepon
Terkadang setelah semnua dicek baik jaringan indor maupun jaringan outdor
sudahoke. Ada saja masalah yang terjadi yaitu pesawat telepon yang sudah rusak
atau sudah tidakbisa digunakan lagi. Ini bisa ditemui setelah Roset hingga
bagian ujung conektor RJ11 sudahdicek menggunakan headset sudah oke dan suara
sudah jernih.
Berikut adalah langkah-langkah dalam menangani gangguan telepon tersebut:
1.Cek Pada RK (Rumah Kabinet)
Setelah mendapat list atau laporang gangguan para teknisi gangguan
teleponlangsung melihat DATEK atau data teknisi. Disitu ada dimana letak port
primer dansekunder yang dilalui oleh nomer telepon yang mengalami gangguan
tersebut.Setalah itu langsung dicek port sekundernya langsung apabila ada nada
berarti sudahoke dan siap dilanjut ke pengecekan pada DP. Apabila belum ada
nada coba cek padaport primer. Apabila port primer ada nada berarti kabel
jumper dari primer kesekunder ada yang rusak atau cacat.
2.Cek Pada DP (Distribution Point)
Setelah Pengecekan pada RK beres kini dilanjutkkan ke pengecekan DP.Dalam
DATEK juga ada dimana letak DP yang dilalui nomertlepon tersebut
besertaklemnya/portnya. Apabila sudah ada nada di DP berarti kita bisa
melanjutkan kepengecekan ke rumah pelanggan. Apabila belum bisa itu berarti ada
KU (kabel udarayang putus atau rusak. Untuk pembenahan KU saya masih belum bisa
mengetahuibagaimana caranya yang jelas itu adalah tugas kelompok bagian
maintenance.
3.Cek Pada Kabel DW
Sebenarnya dalam pengecekan kabel DW itu menunggu pengecekan Rosetdalam
rumah karena kalau apabila Roset dirumah sudah ada nada itu berarti tidakada
masalah pada kabel DW. Karena para teknisi sendiri akan terlalu banyakmenguras
tenaga apabila langsung mengecek kabel DW atau lebih disebut mengurutkabel DW.
Dalam pengurutan kabel DW yang paling diperhatikan pertama adalahapakah ada
sambungan dalam kabel DW tersebut. Kalau ada coba potong padabagian tersebut
dan coba test pada bagian tersebut apakah ada nada atau tidak.Apabila masih
tidak ada baru dilakukan proses pengecekan kabel sedikit demi sedikityang
menguras tenaga yang berlebihan. Kadang ada teknisi yang lasung menggantikabel
DW yang cacat tersebut tanpa mengurutnya.
4.Cek Roset
Untuk pengecekan roset yang pertama dilakukan adalah melepas
penutuproset. Setelah itu coba cek apakah ada nadanya atau tidak. Kalau tidak
ada coba dipotong kabel DW yang mau ke Roset tersebut dan coba dicek tanpa
masuk rosetapakah ada nada atau tidak. Kalau masih tidak ada berarti kita harus
membenahi kabel DW yang ada diluar tadi.
5.Cek Pesawat Telepon
Setelah semua kita cek oke semua mulai dari kabinet hingga roset ok
teleponmsaih belum bisa mengeluarkan nada berarti bisa dipastikan pesawat
teleponnyayang rusak. Untuk meyakinkan pelanggan bisanya kita bisa melihatkan
ataumendengarkan nadanya mengguanakan headset kita
Ø
Perawatan Telepon
Agar telepon rumah tahan
lama, lakukanlah perawatan. Kelihatannya memang sepele, tetapi justru hal kecil
inilah yang kerap terlupakan dan membuat telepon rumah cepat rusak.
1. Jangan menggunakan telepon
pada saat tangan basah.
2. Perhatikan gagang telepon
ketika selesai menggunakannya. Letak gagang yang salah akan mempersulit orang lain menelepon ke rumah
Anda.
3. Setelah menggunakan
telepon, letakkan gagang secara terlahan. Jangan dibanting!
4. Bersihkan tombol-tombol
telepon dengan tisu setiap hari agar terhindar dari debu.
5. Gunakan alas yang terbuat
dari bahan kain lembut.
6. Letakkanlah telepon di
tempat yang aman dari jangkauan anak-anak dan tidak mudah jatuh.
7. Perhatikan kabel telepon.
Jangan sampai melintas di rumah sebab akan membuat anggota keluarga tersandung.
Selain itu, kabel akan cepat putus.
B. Internet
Speedy
Speedy adalah salah satu produk PT TELKOM yang merupakan layananan
akses internet broadband kecepatan tinggi berbasis akses kabel tembaga
yang
menggunakan teknologi Asymmetric Digital Subscriber Line (ADSL). Layanan
ini memberikan jaminan kecepatan sesuai dengan paket layanan yang
digunakan
pelanggan dengan pilihan kecepatan akses mulai dari 384 kbps hingga 3
Mbps per
line.
Kecepatan downstream yang ditawarkan oleh Speedy saat digunakan
untuk akses internet lebih besar daripada upstream, hal ini dikarenakan
Speedy
merupakan paket internet ADSL sehingga sangat sesuai untuk keperluan
browsing
yang cenderung lebih banyak melakukan aktivitas downstream. Selain itu,
dengan
layanan Speedy kita dapat menikmati internet kecepatan tinggi dan tetap
bisa
menggunakan saluran telepon rumah tanpa terganggu. Hal ini dikarenakan
adanya
perangkat splitter yang bisa memisahkan antara data dan gelombang suara
selama
24 jam.
Speedy memiliki paket layanan yang dibedakan berdasarkan ukuran
downstream dan upstreamnya sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan
pengguna.
Ø
Gangguan dan Perbaikan Jaringan Speedy
Beberapa
jenis gangguan dan solusi yang sering muncul jika koneksi internet gagal adalah
sebagai berikut :
1. Error 691
Penyebab:
·
Acces denied username and
password invalid atau user name danpassword salah. Username :
No.speedy@telkom.net, Password : xxxxx
·
Posisi Speedy Isolir
Solusi:
·
Pastikan username dan password
benarNo.speedy@telkom.netPassword : xxxxx
·
Lunasi Tunggakan speedy
2. Error 769
Penyebab :
·
Network disable
Solusi
·
Aktifkan Local Area Connection
yang ada di control panel =>Network Connection
3. Error 678
Penyebab :
·
ADSL mati
·
Cek kabel LAN atau USB
·
Spyware atau firewall blok
koneksi
Solusi :
·
Cek jaringan atau koneksi
sudah tersambung atau belum
·
Install driver USB
·
Buka Permission levelnya
4. Error 718
Eror ini
muncul karena request untuk konek dari komputer tidak direspon olehserver
Telkom. Kemungkinan ada gangguan jaringan atau server sedang sibuk.Solusinya,
coba terus untuk koneksi dan biasanya akan berhasil.Eror ini juga bisa muncul
karena account internet telah expired atau usernameatau password yg digunakan
sudah tidak valid.
5. Koneksi
Putus
Penyebab :
·
Kualitas jaringan telpon
menurun, suara telpon tidak jelas atau ada dengung.
Solusi :
·
Cek perkabelan rumah (dari KTB
sampai ke modem).
·
Jika masih coba laporkan ke
kantor telkom terdekat.
Ø Cara Pemasangan Modem
Untuk memasang modem eksternal cenderung lebih mudah. Kalian tidak harus
repot-repot membuka casing komputer. Yang dibutuhkan hanya obeng minus dan
kabel modem. Pada saat membeli modem mungkin tidak termasuk kabel modem di
dalamnya jadi kita harus mempersiapkan sendiri kabel modem yang sesuai dengan
jenis COM Port yang ada di komputer.
- Matikan komputer kalian. Pasangkan kabel modem tersebut ke modem dan kepala satunya lagi ke COM Port yang umumnya terletak di belakang komputer dan pastikan bahwa kabel tersebut telah terpasang dengan baik dan kencangkan bautnya yang terletak di samping-samping konektor kabel modem tersebut dengan obeng.
- Lalu sambungkan modem ke sambungan telepon kalian dengan menggunakan kabel telepon yang telah dipasangkan RJ-11 ke konektor yang bertuliskan “line” yang tertera di modem. Jika ingin menggunakan telepon juga maka sambungkan pula konektor pada modem yang bertuliskan “phone” ke telepon kalian dengan menggunakan kabel telepon yang sejenis.
- Setelah itu jangan lupa pasangkan konektor adaptor ke modem, lalu sambungkan adaptor ke steker listrik.
- Sekarang nyalakan komputer dan modem kalian, apabila lampu modem berkerja/berkedip maka kita siap untuk menginstall softwarenya. Jika tidak bekerja, coba periksa kembali semua sambungan. Jika telah terpasang dengan baik, kemungkinan terjadi kerusakan pada modem atau kabelnya.
- Install software untuk modem, ikuti perintah yang
ada di layar monitor, pilih COM Port tempat terpasangnya modem (COM 1, COM
2, dsb). Apabila modem tersebut memiliki features plug-and-play, maka pada
saat
instalasi Window 9x akan langsung dapat mengenali konfigurasinya.
Ø Kecepatan jaringan Speedy
Speedy menyediakan kecepatan
berdasarkan paket berlanggganan mulai dari 1 mbps hingga 100 mbps (sedang
direncanakan untuk paket berlangganan hingga 10 gbps). Kecepatan rata-rata
tersebut berubah-ubah dan berbeda-beda tergantung kondisi jaringan yang
disesuaikan kondisi dan situasi setempat (terjadi pada Speedy ADSL), dan
teknologi jaringan.
Ø Keunggulan dan Kelemahan Jaringan
Speedy
Keunggulan
ü
Pelanggan dapat terhubung ke
Internet, dan tetap dapat menggunakan telepon untuk menerima atau menelepon.
Jika akses menelepon diaktifkan, maka ada iuran bulanan dibebankan kepada
pelanggan. Kalau dinonaktifkan fasilitas menelepon tapi masih bisa menerima
telepon, maka biaya tambahan per bulan tersebut ditiadakan.
ü
Bagi pelanggan lama, Speedy
tidak memerlukan kabel telepon baru. Proses pemasangan cukup menyambung kabel
telepon yang telah ada ke modem.
ü
Akses Internet menggunakan
Speedy di Indonesia kecepatannya semakin tinggi jika kabel serat optik telah merata digunakan di seluruh wilayah Indonesia.
ü
Akses Internet Juga Tergantung
Paket Yang Diminta
Kelemahan
ü
Speedy akan bekerja dengan
sempurna jika lokasi cukup dekat dengan sentral telepon. Dalam jarak 0-2 km
bentangan kabel, ADSL2+ yang dipakai oleh Speedy dapat mencapai kecepatan
sekitar 24 mbps akan stabil kecepatannya. Kualitas kecepatan semakin menurun jika
kabel tembaga telah berusia tua dan jarak DSLAM terlalu jauh dari rumah
pelanggan. Kabel serat optik dapat menetralisir kekurangan ini, namun sedang
dalam pembangunan di seluruh wilayah Indonesia.
ü
Speedy lebih cepat menerima
data daripada mengirim data melalui Internet.
ü
Layanan Speedy tidak ada di
wilayah yang tidak ada jaringan telepon yang disediakan Telkom.
ü
Layanan Speedy Biasananya
Sering DC Apabila Dalam Keadaan Buruk Seperti Hujan + Petir
ü
Untuk Layanan Speedy Yang
Masih Menggunakan Tembaga Harus Ada Perawatan Berkala dan masih ada gelombang
radio
Ø Cara Setting Modem Zyxel
Pertama buka browser, kemudian
ketikan IP Default nya modem tersebut.....!!
Web Defaul : 192.168.1.254
User : support
Pass : theworldinyourhand
Gambar 1
Gambar 2
Gambar 3
Gambar 4
Gambar 5
Gambar 6
Gambar 7
Gambar 8
Gambar 9
Gambar 10
Gambar 11
.
BAB
V
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Dalam
melakukan perbaikan jaringan telepon dan internet speedy ternyata tidak sesulit
yang di pikirkan. Contohnya dalam melakukan setting modem, perbaikan jaringan
telepon, dan perbaikan jaringan speedy.
B. SARAN
Saran
yang dapat disampaikan oleh penulis agar PT.Telkom Indonesia dapat memberikan
banyak inovasi yang dapat dikembangkan. Dan dapat menjadi sarana utama
komunikasi yang positif bagi masyarakat umum. Semoga tulisan ini dapat
bermanfaat bagi warga SMK Ma’arif NU Nusahada Reban secara khusus dan
masyarakat secara umum.
DAFTAR
PUSTAKA
https://id.wikipedia.org/wiki/Speedy_%28Telkom%29
Diunduh :21.03.2016
http://woocara.blogspot.co.id/2015/02/pengertian-internet-dan-sejarah-internet.html
Diunduh
: 27.03.2016
http://artobeskar.blogspot.co.id/2015/04/setting-modem-zyxel-p-660hn-t1-v2.html
Diunduh
:21.03.2016
I'm sorry, the channel has been banned for - Videodl.CC
BalasHapusYoutube channel has been banned for gambling on the following sites, with posts. On youtube mp3 this channel, we have removed the channel that is banned by the